Analysis of Guidance and Counseling Teachers' Interpersonal Communication Skills towards Stakeholders in High Schools
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Univesitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif adalah kunci keberhasilan peran konselor atau guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam sebuah layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi interpersonal guru BK terhadap stakeholder di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap empat Guru BK SMA Laboratorium UM. Analisis data menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal guru BK berperan penting dalam membangun hubungan yang positif dan efektif dengan stakeholder, termasuk siswa, orang tua, dan staf sekolah. Guru BK yang memiliki keterampilan mendengarkan aktif, empati, dan kemampuan memfasilitasi diskusi yang terbuka cenderung berhasil dalam memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh stakeholder, serta memberikan dukungan yang sesuai.
Keywords
References
Andy Riski Pratama, Nofembra Putri, Kiki Oktaviany, Fadhilla Yusri, L. Y. (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus: SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 372–378.
Ataguba, O. A., & Ataguba, J. E. (2020). Social determinants of health: the role of effective communication in the COVID-19 pandemic in developing countries. Global Health Action, 13(1). https://doi.org/10.1080/16549716.2020.1788263
Ayee, E. S. A. (2013). Human communication revisited – A biblical perspective. Koers - Bulletin for Christian Scholarship, 78(1), 1–16. https://doi.org/10.4102/koers.v78i1.549
Ayub, M., Nuryana, E., & Herdi, H. (2022). Peran Konselor Profesional Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Abad 21. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 53–62.
Badrujaman Rosyidin, A., Suherman, dan, & Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, P. (2018). Instrumen Akuntabilitas Guru BK dalam Menyelenggarakan Layanan Dasar (Guidance Curriculum). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory And Applica-Tion, 7(3), 8–13. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Berger, C. R. (2019). Interpersonal communication. In An Integrated Approach to Communication Theory and Research, Third Edition (pp. 277–291). https://doi.org/10.4324/9780203710753-24
Brundiers, K., & Wiek, A. (2017). Beyond interpersonal competence: Teaching and learning professional skills in sustainability. Education Sciences, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.3390/educsci7010039
Chichirez CM, & VL, P. (2018). Interpersonal communication in healthcare. Journal of Medicine and Life, 11(2), 119–122.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Dahir, C. A., Cinotti, D. A., & Feirsen, R. (2019). Beyond Compliance: Assessing Administrators’ Commitment to Comprehensive School Counseling. NASSP Bulletin, 103(2), 118–138. https://doi.org/10.1177/0192636519830769
Diastuti, D., Rangka, I. B., Prasetyaningtyas, W. E., & Renata, D. (2017). Hubungan Persepsi Dengan Motivasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Konseling Perorangan. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 116. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.66
Diaty, R., Arisa, A., Ari Lestari, N. C., & Ngalimun, N. (2022). Implementasi Aspek Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244
Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2020). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525
Erlangga, E., Sugiyo, & Supriyo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Bkmelalui Motivasi Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling, 04(02), 72–79. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/9847/6297
Flanagin, A. J. (2017). Online Social Influence and the Convergence of Mass and Interpersonal Communication. Human Communication Research, 43(4), 450–463. https://doi.org/10.1111/hcre.12116
Govindaraju, V. (2021). A Review Of Social Cognitive Theory From The Perspective Of Interpersonal Communication. Multicultural Education, 7(12), 488–492. https://doi.org/10.5281/zenodo.5802235
Hapsyah, D. R., Fitriyani, N., Handayani, R., Nurmalia, T., Jabbar, A. A., Purwanto, D., & Badrujaman, A. (2019). Hubungan Antara Sikap Terhadap Evaluasi Guru Bk Dengan Keterlaksanaan Progam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Renaissance, 4(02), 564. https://doi.org/10.53878/jr.v4i02.102
Harahap, D. (2020). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), h.151-164. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/2729
Khasanah, K. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 8(1), hal. 16.
Muhadi, I., Giyoto, G., & Untari, L. (2021). Tata Kelola Stakeholder dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 256. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2209
Nasution, S. H. H. & N. D. (2018). Problematika Guru BK dalam Menangani Kedisiplinan pada Remaja. 5(September), 188–194.
Neubaum, G., & Krämer, N. C. (2017). Opinion Climates in Social Media: Blending Mass and Interpersonal Communication. Human Communication Research, 43(4), 464–476. https://doi.org/10.1111/hcre.12118
Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi kolaborasi orangtua dengan konselor dalam mengembangkan sukses studi siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1605
Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.26539/teraputik.51647
Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745
Sari, D. P., Ferdiansyah, M., Surtiyoni, E., & Arizona, A. (2022). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Self-Efficacy Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 533–539. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.277
Selenda, M. F., Gading, K., & Dwiarwati, K. A. (2022). Pengembangan Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi. 7(1), 0–00. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk
Sinaga, M. H. P., Qurrata, K., & Andini, V. (2022). Pola Pelaksanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 110–116. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.166
Siregar, Y. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di SMA negeri Jakarta Timur. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 232. https://doi.org/10.26539/1388
Skinner, K. L., Hyde, S. J., McPherson, K. B. A., & Simpson, M. D. (2016). Improving students’ interpersonal skills through experiential small group learning. Journal of Learning Design, 9(1), 21. https://doi.org/10.5204/jld.v9i1.232
Sugiyono. (2013). Penelitian Kuantitatif. Redika Utama.
Sulastri, S., AR, M., & Usman, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 151. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14430
Suwanto, M. (2015). Implementasi Metode Bayesian dalam Menentukan Kecemasan pada HARS. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–10. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:EM+Demystified:+An+Expectation-Maximization+Tutorial#0%0Ahttps://www2.ee.washington.edu/techsite/papers/documents/UWEETR-2010-0002.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/srep22311%0Ahttp://www.life.um
Suwidagdho, D., Lestari, L., & Dewi, S. P. (2017). Peran Pengawas BK untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 137–143.
Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5(3), 133. https://doi.org/10.24036/02016536493-0-00
Vevere, V. (2015). Impact of Social Media on Interpersonal Communication Patterns. Issn, 7(71), 2029–2236. https://doi.org/10.13165/SMS-15-7-1-09
Wahidah, N. I., Mahmudi, M., Fajarianto, O., Fajaryanti, D., & Hanafi, H. (2019). Cooperation between Teacher Guidance and Counseling with Islamic Religious Education Teacher to Provide Service Guidance Counseling. 306, 107–111. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.26
Woods, A. D., Morrison, F. J., & Palincsar, A. S. (2018). Perceptions of Communication Practices Among Stakeholders in Special Education. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 26(4), 209–224. https://doi.org/10.1177/1063426617733716
DOI: 10.24036/4.111070
Article Metrics
Abstract View : 60 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.