Gambaran Intellectual Humility Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling

Dian Malasary(1*), ifdil ifdil(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

AbstractIntellectual humility pada mahasiswa bk mengemukakan bahwa kerendahan hati atau Intelektual humility merupakan kapabilitas individu guna melakukan pengakuan atas kesalahan pribadi, kekurangan, batasan diri serta terbuka dalam penerimaan akan masukan, pengetahuan serta saran. Turut dapat disebut dengan kemampuan menilai yang tepat atas kapabilitas individu serta pencapaian yang dimilikinya.Lickona (2012) menuturkan bahwa Intellectual Humility merupakan kebijaksanaan yang mendasar dari kehidupan moral secara menyeluruh. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek-aspek yang mampu meningkatkan intellectual humility yaitu (1) keterbukaan (2) pengorbanan diri (3) penilaian diri yang akurat (4) fokus pada orang lain.Dukungan ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Populasi penelitian ini 220 orang Intellectual humility dengan sampel 220 orang dengan teknik sampel jenuh. Instrument yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis presentase.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bentuk yang mampu meningkatkan dukungan Intellectual humility tergolong sesuai. Adapun layanan bimbingan dan konseling yang baik pada Intellectual humility yaitu layanan konseling individu, layanan informasi, dan layanan konsultasi 

Keywords

Intellectual Humility,Mahasiswa.

References

Alshitri, Khalid. (2013). An Investigation of Factors Affecting Job Satisfaction among R&D Center Empoyess in Saudia Arabia. Journal of Human Resources Managemen Research.

Arikunto, Suhardjono, danElliot. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ashton, M. C., & Lee, K. (2009). The HEXACO-60: A Short Measure of the Major Dimensions of Personality. Journal of Personality Assesment, 91(4), 340-345. Https://doi.org/10.1080/00223890902935878

Djajendra. 2013. Motivasi dan Kesadaran Diri.(online) dalam Kompasiana,(http://lifestyle. kompasiana.com/catatan/2013/01/17/motivasi-dan-kesadaran-diri-526174.html) diakses 15 mei 2013

Karneli, Y., Firman., & Yana, R.F. 2018. Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling.

Karneli, Y ., Sasmita, H., & Prayitno, P. 2020. Layanan bimbingan konseling sebagai upaya pembentukan kemandirian siswa. IjoCE: Indonesia Journal of Counseling and Education, 1(2), 37-47

Lickona, Thomas. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakte: Bagaimana sekolah dapat Memberikan Pendidikan Seikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wawaungo. Jakarta: Bumi Aksara)

Prayitno, & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Yenti, E. F., & Sano, A. 2020. Student Preparation For the Final Examination Semester ank Its Implications in Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(3).




DOI: 10.24036/4.111142
10.24036/4.111142

Article Metrics

Abstract View : 30 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.