Hubungan Kontrol Diri dan Disiplin Belajar Siswa: Implikasi untuk Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Annisa Fujiyanti(1*), Zadrian Ardi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Fenomena permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu berhubungan dengan disiplin dalam belajar. Disiplin dalam belajar dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi siswa di sekolah sehingga diperlukannya kontrol diri agar siswa dapat menaati tata tertib sekolah. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran kontrol diri dan gambaran disiplin dalam belajar siswa serta melihat hubungan keduanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 268 siswa dan teknik pengambilan sampel Technique Stratified Random Sampling. Hubungan kedua variabel dapat diketahui dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian menemukan: 1) kontrol diri siswa berada pada kategori rendah, 2) disiplin dalam belajar siswa berada pada kategori rendah, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kontrol diri siswa dengan disiplin dalam belajar dengan rxy = 0,434 dan taraf signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan guru BK berperan untuk meningkatkan disiplin dalam belajar siswa melalui layanan informasi dan bimbingan kelompok.


References

Abadiah, S., Nashruddin & Taufik. 2022. “Hubungan Penerapan Kedisiplinan dengan Penumbuhan Minat Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 27 Barru”. JUBIKOPS:Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2).

Agustin, A.W., & Nirwana, H. 2021. “Hubungan Kontrol Diri dengan Subjective Well Being remaja Etnis Minangkabau”. Jurnal Educatio, 7(1).

Agustina, A., Daharnis & Hariko, R. 2019. “Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin SiswaTinjauan persepsi siswa”. Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1).

Setiawan, A & Alizarmar, A. 2019. “Relationship Between Self Control And Bullying Behavior Trends In Students of SMP N 15 Padang”. Jurnal Neo Konseling.

Farida, dkk. 2021. “Analisis Kedisiplinan Berdasarkan Ketaatan Terhadap Tata Tertib Sekolah”. Jurnal Pendidikan karakter. No 2,

Firman. 2018. “Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa dalam Belajar”. Jurnal Neo Konseling.

Gunarsa, D. (2009). Psikologi Untuk Pembimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hardiana, M & Sano, A. 2019. “Student Discipline level on School Rules and Their Implications in Guidance and Counseling”. Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Intani, C. P & Ifdil, I. 2018. “Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa”. jurnal EDUCATIO, 4(2).

Kamilah, F & Ardi, Z. 2024. “Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Disiplin Belajar Siswa Berlatar Belakang Budaya Minangkabau SMPN 1 2 X 11 Enam Lingkung”. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Sciensi Technology and Educational Research, 1(4).

Salmi, S., Hariko, R & Afdal, A. 2017. “Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa”. Jurnal Bimbingan dan Konseling 8(2).

Triastutik & Anwar. 2020. “Theory and Application Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah pada Siswa SMA”. Journal of Guidance and Counseling. Available from: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yana, F, Firman & Karneli, Y. 2015. “ Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa”. Jurnal Ilmiah Konseling, 1(11).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.181179
10.24036/4.181179

Article Metrics

Abstract View : 37 times
PDF : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.