Pengaruh Masa Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Kompetensi pedagogik guru PAUD merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh masa kerja terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan melibatkan responden sebanyak 140 guru pendidikan anak usia dini di tiga kecamatan Kota Padang. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS 26 dan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi dengan teknik expert judgement. Hasil penelitian menunjukan (1) kompetensi pedagogik berdasarkan masa kerja guru berada pada kategori baik dengan pencapaian sebesar 80,65%. (2) nilai koefisien korelasi (R) yang rendah menujukan bahwa tidak ada hubungan linear yang kuat antara masa kerja dengan kompetensi pedagogik yang artinya semakin lama guru mengajar maka tidak menjamin kompetensi pedagogik meningkat. (3) R Square yang rendah sebesar 0,011 menjukan bahwa masa kerja bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menentukan kompetensi pedagogik guru PAUD. (4) Hasil nilai Fhitung < Ftabel (0,796 < 3,06) dan nilai signifikansi (0,453 > 0,05) disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara masa kerja guru dengan kompetensi pedagogik.
Keywords
References
Hasan, Rohmat. 2015. “Pengaruh Masa Kerja Dan Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru Sdn Sukabumi 10 Kota” 9 (2): 1219–30.
Irawan, M Ary, Muhammad Iqbal, and Nadiyatul Fatriya Anwar. 2023. “Pengaruh Masa Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Journal Transformation of Mandalika 4 (7): 133–41.
Khoiriyah, Elly. 2022. “Elly Khoiriyah, 2022 Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Tk Se-Kecamatan Serang Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.”
Kurniati, E, B Robandi, and W Setiawardani. 2020. “Profil Kompetensi Pedagogik Pendidik Anak Usia Dini Di Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Edupena 1: 1–9. http://ejournal.edupena.id/index.php/jurnaledupena/article/view/11.
Mulyasa, E. 2011. “Praktik Tindakan Kelas.” Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nasution, Masnun Zaini, and Nefi Darmayanti. 2011. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Guru Raudhatul Athfal.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 3 (1): 37–43.
Nusran, Bahruddin, and Muh.Nasir. 2018. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Pemberian Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di Sma 27 Bone.” YUME : Journal of Management 1 (3): 46–83.
Panuntun, Sita. 2018. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Lingkungan Kerja Dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Lingkungan Kemenag Kabupaten Karanganyar Dengan Gender Sebagai Variabel Moderator.” Excellent 5 (1): 110–19. https://doi.org/10.36587/exc.v5i1.286.
Sugito, Sugito, Y Suyitno, and Kuntoro Kuntoro. 2019. “Pengaruh Masa Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Desa Samudra Dan Samudra Kulon.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 11 (1): 1. https://doi.org/10.30595/dinamika.v11i1.5980.
Suteja, Jaja. 2013. Etika Profesi Keguruan. Deepublish.
Syaripudin, Tatang. 2020. “Pedagogik Teoritis Sistematis.” Percikan Ilmu, Bandung.
Tagela, Umbu, Herry Sanoto, and Mila Chrismawati Paseleng. 2019. “Korelasi Pengalaman Kerja , Kesejahteraan Dengan Motivasi Kerja Guru- Guru SMA Swasta,” 188–94.
UUD RI No. 14 Tahun 2005. 2005. “Tentang Guru Dan Dosen.” Pemerintah Indonesia, no. March: 25–27.
Wulandari, Ratna sari. 2021. “Jurnal Kependidikan:” 7 (1): 143–57.
Yuniati, Yohana. 2019. “Yohana Yuniati, 2019 Kompetensi Guru Tk Di Kabupaten Sikka Ditinjau Dari Kualifikasi Akademik Dan Masa Kerja Universitas Pendidikan Indonesia ? Repository.Upi.Edu ? Perpustakaan.Upi.Edu,” 1–8.
DOI: 10.24036/4.281187
Article Metrics
Abstract View : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.