Efektifitas metode belajar renang dengan bantuan teman untuk meningkatkan kepercayaan diri atlit

Tjung Hauw Sin(1*),

(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Beberapa atlit mengalami kesulitan dalam melakukan renang gaya dada. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kepercayaan diri atlit dalam melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektifitas metode renang dengan bantuan teman untuk meningkatkan kepercayaan diri Atlit dalam melakukan renang gaya dada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 79 orang atlit renang. Kemudian dilakukan penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan 41 orang yang menjadi sampel penelitian. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tentang kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik t-test. Data dianalisis dalam dua kelompok, yaitu pre-test dan post-test. Perangkat yang digunakan untuk menganalisis data adalah SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode renang dengan bantuan teman efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri atlit dalam berenang gaya dada. Dengan taraf signifikansi 6.42 dan ? = 0.05.

Keywords

Metode belajar renang, bantuan teman, kepercayaan diri

References

Bartolomeu, R. F., Costa, M. J., & Barbosa, T. M. (2018). Contribution of limbs’ actions to the four competitive swimming strokes: a nonlinear approach. Journal of sports sciences, 36(16), 1836-1845.

Batitusta, M. R., & Supriyono, S. (2019). A Employment Development Survey of NPC Swimming Atlets in Surakarta 2018. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(1), 22-26.

Chen, C., & Zhang, B. (2017). Swimming turned technology teaching and training guide the optimization of diagnosis. Paper presented at the 2016 National Convention on Sports Science of China.

Conceição, A., Silva, A. J., Barbosa, T., Campaniço, J., Costa, A., & Louro, H. (2019). Neuromuscular and motor patterns in breaststroke technique. Revista Brasileira de Cineantropometria & Desempenho Humano, 21.

Crone, D., Smith, A., & Gough, B. (2005). ‘I feel totally at one, totally alive and totally happy’: a psycho-social explanation of the physical activity and mental health relationship. Health education research, 20(5), 600-611.

Derry Iswindharmajaya, J. (2014). Satu hari menjadi lebih percaya diri: Elex Media Komputindo.

Dickson, C. A. (2020). The effects of swimming instructional method on selected aspects of physical fitness. Texas A&M University. Libraries,

Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Jiang, B., Luo, R., Mao, J., Xiao, T., & Jiang, Y. (2018). Acquisition of localization confidence for accurate object detection. Paper presented at the Proceedings of the European Conference on Computer Vision (ECCV).

Khodaee, M., Edelman, G. T., Spittler, J., Wilber, R., Krabak, B. J., Solomon, D. (2016). Medical care for swimmers. Sports medicine-open, 2(1), 27.

Khusniyah, F. (2019). Hubungan antara Kepercayaan diri dengan Kecemasan Bertanding Pada Atlet Renang Di Klub Renang Petrokimia Gresik (Krpg). Universitas Muhammadiyah Gresik,

Kiswantoro, A. (2015). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Life Model Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Persinas Asad Kabupaten Kudus Tahun 2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Kurniawan, R. (2015). Pengaruh Sport Education melalui Permainan Net Games Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Universitas Pendidikan Indonesia,

Lager, A., Seblova, D., Falkstedt, D., & Lövdén, M. (2017). Cognitive and emotional outcomes after prolonged education: a quasi-experiment on 320 182 Swedish boys. International journal of epidemiology, 46(1), 303-311.

Lucas, K. N., Dabiri, J. O., & Lauder, G. V. (2017). A pressure-based force and torque prediction technique for the study of fish-like swimming. PloS one, 12(12).

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Mirza, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kotabumi.

Ramadhani, R. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sikap Lilin dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Bantuan Teman pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Kartika I. 1 Medan tahun Ajaran 2013/2014. UNIMED,

Retnowati, L. (2014). Hubungan Self Talk Terhadap Motivasi dan Kepercayaan Diri Atlet Renang pada Kejuaraan Walikota Cup Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia,

Ruhyana, R. F. (2017). Hubungan antara Pola Manajemen Kompetisi dengan Rasa Percaya Diri Atlet Renang Menjelang Perlombaan. Universitas Pendidikan Indonesia,

Sammoud, S., Nevill, A. M., Negra, Y., Bouguezzi, R., Chaabene, H., & Hachana, Y. (2018). 100-m Breaststroke swimming performance in youth swimmers: the predictive value of Anthropometrics. Pediatric exercise science, 30(3), 393-401.

Sanjaya, D. R. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Punggung Menggunakan Alat Bantu Berupa Papan Peluncurbantuan Teman dan Sterofom pada Siswa Kelas XII AK 2 SMK Swadhipa Natar.

Scurati, R., Michielon, G., Signorini, G., & Invernizzi, P. L. (2019). Towards a Safe Aquatic Literacy: teaching the breaststroke swimming with mobile devices' support. A preliminary study. Journal of Physical Education and Sport, 19, 1999-2004.

Shtamburg, I., Ponimasov, O., Grachev, K., & Novikov, A. (2016). Economization typological combinations of applied swimming technique in military school cadet training. Theory and practice of physical culture(2), 5-5.

Skorski, S., & Abbiss, C. R. (2017). The manipulation of pace within endurance sport. Frontiers in physiology, 8, 102.

Sulikan, S. (2017). Penerapan Metode Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 23(1), 1-16.

Tahki, K. (2017). Peran Pelatihan Mental Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Atlet Renang Sekolah Ragunan. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 2(1), 9-14.

Tinto, A., Campanella, M., & Fasano, M. (2017). Core strengthening and synchronized swimming: TRX® suspension training in young female athletes. The Journal of sports medicine and physical fitness, 57(6), 744-751.

Touchton, M. (2015). Flipping the classroom and student performance in advanced statistics: Evidence from a quasi-experiment. Journal of Political Science Education, 11(1), 28-44.

Walsted, E. S., Swanton, L. L., van van Someren, K., Morris, T. E., Furber, M., Backer, V. (2017). Laryngoscopy during swimming: A novel diagnostic technique to characterize swimming?induced laryngeal obstruction. The Laryngoscope, 127(10), 2298-2301.

Weinberg, R. S., & Gould, D. (2018). Foundations of sport and exercise psychology, 7E: Human Kinetics.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.33355
10.24036/4.33355

Article Metrics

Abstract View : 972 times
PDF : 363 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tjung Hauw Sin, Fakhrina Hudayani2

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.