Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day School

Rahmi Wahyuli(1*), Ifdil Ifdil(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa serta mengidentifikasi perbedaan kejenuhan belajar siswa  full day school dan non full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiataif deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 7 Padang dan siswa SMP Negeri 22 Padang 1.021 siswa, sampel penelitian ini 250 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen Rahmi & Ifdil Kejenuhan Belajar inventori. Pengadministrasian instrumen secara online melalui google formulir kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik Independent Sampel Test melalui program statistik SPSS. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kejenuhan belajar siswa full day school pada umumnya berada pada kategori sedang, kejenuhan belajar siswa non full day school pada umumnya berada pada kategori rendah, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kejenuhan belajar siswa full day school dan non full day school. Perlu upaya konselor untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa agar adanya motivasi dan semangat siswa dalam belajar serta memperoleh prestasi yang baik.

References

Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 965–972.

Ambarwati, N. A. (2020). Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya Agar Tidur Nyenyak. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 6(1), 9–16.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Ar-Ruzz Media.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Chintami, I. (2007). Perbedaan Tingkat Motivasi Belajar Siswa pada Sekolah Full Day School dan No Full Day School. UIN Malang.

Fauziyah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Keagamaan Di Man Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 14(1), 99–108. https://doi.org/10.14421/jpai

Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara.

Harjaningrum, M. (2007). Half Day School dan Full Day School Tinjauan Psikologi. Puspa Swara.

Katariina Salmela-Aro, K. U. (2014). School Burnout and Engagement in the Context of Demands-Resources Model. Britis Journal of Educational Psychology, 84 (1).

Keunchul Lee, Sangwoook Kang, I. K. (2017). Realtionships Among Stress, Burnout, ateletic identy, and Athekete Satisfaction in Student at Korea’s Physical education high school: Validating Differences Between Pathyways. Psychological Reports, 120(4).

Mahfud, E. R. (2016). Strategi Guru dalam mengatasi rasa Jenuh siswa kelas 2A di Full day School SD Islam Tompokersan Lumajang. UIN Maulana Malik.

Mailita, Basyir, M. N., & Abd, D. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam mencegah kejenuhan Belajar siswa di SMP Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmia Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(November), 14–26.

Ni Kdk Widari, I Ketut Dharsan, K. S. (2014). Penerapan teori konseling rasional emotif behavioral dengan teknik relaksasi untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas x mia 2 SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan …, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3711

Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 7(5), 50–59.

Nopianda, I. (2018). mplementasi System Full Day School dan Problematika dalam Pembelajaran PAI di SMP N 24 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Piergiorgio Argentero, Bianca Dell’Olivo, M. S. F. (2008). Staff Burnout and Patient Satisfaction with the quality of dialysis care. American Journal of Kidney Diseases, 51 (1).

Poppy Agustina, Syaiful Bahri, A. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk mengatasinya. Junal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1).

Qomari, R. (2009). Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. INSANIA, 14(3).

Rahmat, M. A. (2018). Kejenuhan Belajar pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. UIN Sunan Ampel.

Renzo Bianchi, Irvin Schonfeld, E. L. (2019). Burnout: Moving Beyond the status quo. International Journal of Stress Managemen, 26(1).

Rizky, A. A. (2015). Problematika Pembelajaran System Full Day School Siswa. UIN Walisongo.

Sari, D. M. (2018). Pengaruh Program Full Day School terhadap Prestasi Belajar Siswa. Fakultas dan Ilmu Politik Lampung.

Shu-Hui Liu, Y.-C. H. (2012). Investigating the Relationships. Active Learning in Higher Education, 13(3).

Slivar, B. (2001). The syndrome of burnout, self-image, and anxiety with grammar school students Sindrom izgorelosti, samopodoba in anksioznost pri gimnazijcih. Psiholo?ka Obzorja / Horizons of Psychology, 10(2), 21–32.

Smith, J. A. (2003). Qualitative Psychology: A Pratical Guide to Research Metods. Sage Publications.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syah, M. (2019). Psikologi Belajar. Rajawali Press.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Kesepian Dan Kontrol Diri Siswa Kelas Xi Sman 9 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5 2016 Masalah, 60–75.

Wahyuni, E. D. (2018). Faktor-faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Jurusan PGSD di Universitas Islam Balitar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2).

Wizma. (2017). Dampak pelaksanaan Sitem F ull Day School di SMA 1 Pasaman. STKIP PGRI.

Yang, H.-J. (2004). Factors Affecting Student Burnout and Academic Achievement in Multiple Enrollment Program in Taiwans. Factors Affecting Student Burnout and Academic Achievement in Multiple Enrollment Program in Taiwans, 24(3).

Yougen Lou, Liansong Wu, H. L. (2016). A Study of Non-English-Majored Graduates’ Learning Burnout in a Local Comprehensive Unversity In China. Creative Educayion, 7(7).

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.Jakarta: Kencana.

Zhang, X., Klassen, R. M., & Wang, Y. (2013). Academic Burnout and Motivation of Chinese Secondary Students. International Journal of Social Science and Humanity, 3(2), 134–138. https://doi.org/10.7763/ijssh.2013.v3.212


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.34380
10.24036/4.34380

Article Metrics

Abstract View : 2532 times
PDF : 2039 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmi Wahyuli, Ifdil Ifdil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.