Kondisi Psychological Well-Being Siswa yang Berperilaku Konsumtif

Anisa Ainumia Masrida(1*), Ifdil Ifdil(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Terpenuhinya kebutuhan psikologis maupun kebutuhan fisik dapat membuat individu menjadi sejahtera. Dilihat dari tugas-tugas perkembangan, siswa diharapkan dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya dengan baik. Siswa yang mencapai tugas perkembangannya dengan baik ia akan mampu bersikap mandiri dan mengambil keputusan, dan bersikap independen. Namun femonena yang ditemukan adanya adanya individu yang memiliki kesejahteraan psikologi dalam kategori sedang yaitu pada aspek kemandirian, individu tidak bisa mengendalikan diri sendiri, dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Peneiltian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi psychological well-being siswa yang berperilaku konsumtif. Jenis penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa yang terdaftar di SMA Pembangunan Lab. UNP Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) terbuka,  pengadministrasiannya dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentil (P). Dari hasil temuan tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kondisi psychological well-being siswa yang berperilaku konsumtif pada umumnya berada pada kategori tinggi. Idealnya untuk kategori psychological well-being siswa yang berperilaku konsumtif pada umumnya berada pada kategori tinggi, bisa dikatakan bahwa psikologi siswa di SMA Pembangunan Lab. UNP yang berperilaku konsumtif memiliki psikologi yang sejahtera, namun yang harus dikurangi yaitu sifat konsumtif yang ada dalam diri siswa tersebut.  Seorang konselor perlu upaya lebih dalam meningkatkan psychological well-being siswa, serta konselor dapat membantu menyelesaikan masalah  yang terjadi pada siswa khususnya pada perilaku konsumtif siswa, layanan yang dapat diberikan kepada siswa yaitu layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.

References

Agus, I. (2016). Statistik (Konsep Dasar Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana.

Amelia, D., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan antara Self Control dengan Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa UNP. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/25195/

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J. . (2000). Kamus Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Coley, R.L., Leventhal, T., Lynch, A. D., & Kull, M. (2013). Relations between Housing Characteristics and the Well-Being Of Low-Income Children and Adolescents. Dev Psychol, 49(9), 1775–1789. https://doi.org/10.1037/a0031033

Diener, E. (2009). The Science of Well-Being The Collected Works of Ed Diener. USA: Spinger.

Dogan, T., Totan, T., & Sapmaz, F. (2013). The Role Of Self-esteem, Psychological Well-being, Emotional Self efficacy, And Affect Balance On Happiness: A Path Model. European Scientific Journal,9(20), 31–42.

Fadli, R. P., Alizamar, A., Afdal, A., & Ifdil, I. (2019). Psychological Well-Being of Youth Inventory on Domestic Violence Victims: Rasch Model Analysis. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 4(2), 69–77. Retrieved from https://journal.konselor.or.id/index.php/counsedu/article/view/216/pdf

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.29210/02017182

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/126900/pengaruh-konsep-diri-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-universitas-esa-unggu

Homan, K. J. (2016). Self-Compassion and Psychological Well-Being in Older Adults. Journal of Adult Development, 23(2), 111–119. https://doi.org/10.1007/s10804-016-9227-8

Ifdil, Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113. Retrieved from %0AHubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri%0Ajournal2.um.ac.id › index.php › jkbk › article › download

Kustanti, E. R. (2020). Hubungan Antara Psychological Well-Being Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Pengguna Go-pay yang Menggunakan Promo Cashback Di SMA 2 Semarang.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000

Mutiya Ardila, Mudjiran, M., & Irianto, A. (2017). Tingkat Psychological Well-Being Keluarga Miskin Kota Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1). Retrieved from socius.ppj.unp.ac.id › index.php › socius › article › view

Noviawati, P., Nuzulia, S., & Undarwati, A. (2017). The Psychological Condition Differences Between the Rural and Urban Poor Society. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 118, pp. 103–106). Retrieved from https://download.atlantis-press.com/proceedings/icset-17/25886516

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Qoyyimah, Q., & Wahini, M. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesejahteraan Keluarga di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. E-Journal Boga, 5(3). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/16450/14943

Rahmi, A., Marjohan, M., & Daharnis, D. (2018). Guidance and Counseling Services in Improving the Psychological Well-Being Young Prisoners, 757–761. https://doi.org/10.29210/20181110

Ryff 1989Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 1989, 57.6:1069.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of personality and social psychology, 69(4), 719.

Sarafino, E.p., Timothy W. Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John & Wiley.

Solita, L., Syahniar, & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara Kemandirian Emosi dengan Motivasi Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 1(1). https://doi.org/10.24036/0201212699-0-00

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, T., & Tulus, T. . (2001). Perekonomian Indonesia Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ward, S. J., & King, L. A. (2016). Poor but Happy? Income, Happiness, and Experienced and Expected Meaning in Life. Social Psychological and Personality Science, 7(5), 463–470. https://doi.org/10.1177/1948550615627865

Waters, T. E. A., & Fivush, R. (2015). Relations Between Narrative Coherence, Identity, and Psychological Well-Being in Emerging Adulthood. Journal of Personality, 83(4), 441–451.https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jopy.12120

Wells, I. E. (2010). Psychology of Emotions, Motivations and Actions: Psychological Well-being. New York: Nova Science Publisher.

Wikanestri, W., & Prabowo, A. (2015). Psychological Well-Being pada Pelaku Wirausaha. In Seminar Psiikologi & Kemanusian. Malang. Retrieved from %0APsychological Well-Being pada Pelaku Wirausaha Winilis ...%0Ampsi.umm.ac.id › files › file

Yuliani, Irma. (2018). “Konsep Psychological Weel-Being Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research 2(2).

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.34381
10.24036/4.34381

Article Metrics

Abstract View : 1070 times
PDF : 690 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anisa Ainumia Masrida, Ifdil Ifdil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.