Konselor dalam Konseling Kelompok Pada Pendekatan Analisis Transaksional

Triave Nuzila Zahri(1*), Neviyarni Neviyarni(2), Yeni Karneli(3), Netrawati Netrawati(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Analisis transaksional berakar dari tradisi psikodinamika. Analisis transaksional juga mendapat pengaruh dari konsep keadaan ego dan pemikiran Erikson tentang perkembangan manusia yang berupa rangkaian urutan dalam kehidupan seseorang, yang kemudian disebut Berne sebagai life script. Pendekatan analisis transaksional banyak digunakan tidak hanya dalam bidang konseling dan psikoterapi, tapi juga dalam bidang lain seperti pelatihan pendidikan, manajemen dan komunikasi. Pendekatan analisis transaksional cocok digunakan untuk membantu klien dalam menangani berbagai tipe dan tingkat problem dan disfungsi. Mencakup situasi problematic sederhana, melalui reaksi stress sementara, hingga kesulitan berelasi dan emosi yang jauh mengakar serta gangguan kepribadian.

Keywords

Konseling kelompok, Konselor, Analisis Transaksional

References

Bradley, Erford. (2010). Group Work In The Schools. Boston: Pearson Education, Inc., publishing as Merril.

Corey, G. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1016/B978-012673031-9/50018-6.

Hansen, JC. S. RR., & Warner, R.W. (1977). Counseling: Theory and Process. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Prayitno. (1998). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi

Wubbolding, R., Al-Rashidi, B., Brickell, J., Kakitani, M., Kim, R. I., Lennon, B., Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi, terj. Haris H. Setadjid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: 10.24036/4.25462
10.24036/4.25462

Article Metrics

Abstract View : 456 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Triave Nuzila Zahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.