Printer Penerjemahan Teks ke Audio-Braille Menggunakan Sistem Arduino Uno Untuk Tunanetra

Putri Lagenda Wulandari(1*), Dedi Kurniawan(2), Rahmatul Ihsan(3), Safaruddin Safaruddin(4), Damri Damri(5),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Keterbatasan penglihatan pada tunanetra berdampak pada kehilangan informasi tentang apapun yang bersifat visual seperti ketidakmampuan dalam membaca buku-buku biasa atau buku-buku dengan tulisan awas. Printer Penerjemah Teks ke Audio-Braille atau PRIPEN TAB dirancang untuk dapat membantu tunanetra dalam memperoleh informasi melalui buku-buku dengan tulisan awas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan ialah Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan adanya PRIPEN TAB akan sangat membantu tunanetra dalam memperoleh informasi melalui buku-buku dengan tulisan awas tanpa bantuan orang lain, membantu guru dalam membuat bahan ajar braille demi menunjang pembelajaran tunanetra di sekolah.

Keywords

Tunanetra, Braille, Printer Penerjemah Teks ke Audio-Braille

References

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). Perkembangan Media Informasi Teknologi terhadap Perkembangan Anak. Internasional Conference on Indonesian Studies, 2, 400.

Apurva, A., Thakur, P., & Misra, A. (2017). Aiding the visually impaired: Developing an efficient braille printer. In 2017 International Conference on Advances in Computing, Communications and Informatics (ICACCI) (pp. 2128-2133). IEEE.

Arroyo, J., Velazquez, R., Boukallel, M., Giannoccaro, N., & Visconti, P. (2020). Design and Implementation of a Low-Cost Printer Head for Embossing Braille Dots on Paper. International Journal of Emerging Trends in Engineering Research, 8(9), 6183-6190.

Dahlan, B. Bin. (2017). Sistem Kontrol Penerangan Menggunakan Arduino Uno Pada Universitas Ichsan Gorontalo. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3), 282. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.158.282-289

Encinas, I. D., Bringas, J. A. S., Verdugo, A. I. D. C., Bringas, C. S., & Muñoz, J. G. S. (2019) Low-Cost Braille Printer Prototype Design With OCR Technology. In 2019 International Conference on Inclusive Technologies and Education (CONTIE) (pp. 205-2054). IEEE.

Fitriani, I. S., Kesehatan, F. I., Ponorogo, U. M., Kesehatan, P., Remaja, R., & Netra, D. (2018). IDENTIFIKASI PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA ( KRR ) PADA REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS DISABILITAS. 2(2), 94–107.

Hatzigiannakoglou, P. D., & Kampoaraki, maria t. (2016). an accessible keyboard for android devices as a means for promoting braille literacy. Universal Access in the Information Society, 10(4), 344–353. https://doi.org/10.1007/s10209-004-0109-7

Indriani, R., Ummah, U. S., & Sihkabuden, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Tunanetra. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p033

Jayant, C., Acuario, C., Johnson, W. A., Hollier, J., & Ladner, R. E. (2010). ASSETS’10 - Proceedings of the 12th International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility. ASSETS’10 - Proceedings of the 12th International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility, (Figure 1), 2–3.

Louis, L. (2016). Working Principle of Arduino. International Journal of Control, Automation, Communication and Systems, 1(2), 21–29. https://doi.org/10.5121/ijcacs.2016.1203

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah.http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp/2/086100

Mulik, O., Gulve, K., Kathe, S., & K., P. N. (2017). Braille Printer. Ijarcce, 6(4), 43–47. https://doi.org/10.17148/ijarcce.2017.6409

National Federation of the Blind, Updated information available at: www.nfb.org/

Pandey, S. S., Gupta, S. R., Shaikh, M. M., Rawat, K. M., & Jangid, P. P. (2018). Smart Cart Using Arduino and RFID. 3942–3946.

Panjaitan, B., Studi, P., Informatika, T., Ilmu, F., Universitas, K., Kuning, L., … Kuning, L. (2015). Aplikasi Expert System Troubleshoot Printer Canon Berbasis Web ( Studi Kasus : CV SUNTEC Komputer ). x(x), 34–43.

Satiarani, S., & Suchyadi, Y. (2018). Pola asuh orang tua terhadap anak berprestasi di sekolah. 01(September), 15–18.

Syarifudin, M., & Sasongko, D. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Pengenalan Troubleshooting Dan Solusi Printer Canon Ip 1880 Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tiga Jepara. 10(2), 48–52.

Tribute, A., Joner, U., Application, F., Data, P., Examiner, P., Au, A., … Wu, J. (2001). (12) United States Patent. 1(12).

Wati, I., & Kamila, I. (2019). kendala penggunaan IT sebagai media belajar di SMP Negeri 4 Gelumbang. 2, 364–370.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.35468
10.24036/4.35468

Article Metrics

Abstract View : 337 times
PDF : 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Lagenda Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.