Advokasi Siswa Agresif-Pengancam: Praktik Baik Konseling dengan Teknik Self-management oleh Guru Pendidikan Agama di Sekolah Umum

Novita Tri Wulansari(1), Izza Maharani(2), Parisca Ainul Maulida(3), Mochammad Zaka Ardiansyah(4*),

(1) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(3) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(4) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author




Abstract

Studi ini melaporkan sikap agresivitas siswa pengancam dengan latar belakang pondok pesantren dan praktik baik konseling oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan teknik self-management di Sekolah Menengah Pertama Swasta Citra Kusuma Jember. Purposive sampling digunakan penulis untuk memilih informan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, wali kelas, dan guru Bimbingan Konseling. Semua identitas informan dan lembaga dalam artikel ini disamarkan. Wawancara semi terstruktur dengan panduan pedoman wawancara digunakan menggali informasi dari para informan selain mendokumentasikan rapor siswa, catatan guru Bimbingan Konseling, dan jurnal mengajar wali kelas, serta notulen rapat. Studi ini melaporkan bahwa sikap agresif siswa berupa pengancaman pada kepala sekolah, dan berkelahi. Klien memiliki riwayat dikucilkan teman sekelasnya karena pelit serta ingin memiliki barang milik orang lain. Konseling umumnya dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti saat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sambil memberikan amanah pada klien menjadi tutor dalam kegiatan ini. Temuan baru dalam studi ini adalah guru yang berperan aktif mengadvokasi siswa agresif bukanlah guru Bimbingan Konseling sebagaimana temuan penelitian sebelumnya, namun justru guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang melakukan praktik baik konseling dengan teknik self-management.


Keywords

pendidikan agama, siswa agresif, konseling behavior, self-management

References

Ali, Mohammad, and Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. 7th ed. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Anggraini, Anastashya, Raudah Zaimah Dalimunthe, and Meilla Dwi Nurmala. “Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Terhadap Perilaku Agresif Siswa.” Journal of Education and Counseling (JECO) 2, no. 1 (2021): 125–32. doi:10.32627/jeco.v2i1.64.

Astuti, Anita Dewi, and Sri Dwi Lestari. “Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Datang di Sekolah.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 10, no. 1 (May 19, 2020): 54–68. doi:10.25273/counsellia.v10i1.6304.

B. Hurlock, Elizabet. Psikologi Perkembangan. 5th ed. Erlangga, 1991. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/171046.

B. Miles, Matthew, A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative and Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE, 2014.

Fauzian, Rinda. Pengantar Psikologi Perkembangan. 1st ed. Sukabumi Jawa Barat: Jejak Publisher, 2020.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Jalan Gayana 50 Malang: UIN-MALIKI (Anggota Ikapi), 2008.

Khumairoh, Dinda. Wawancara Informan Guru Wali Kelas, November 25, 2022.

Lenaini, Ika. “Teknik Pengambilan Sampel Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 6, no. 1 (June 30, 2021): 33–39. doi:10.31764/historis.v6i1.4075.

Monica, Mega Aria, and Ruslan Abdul Gani. “Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.” KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 3, no. 2 (May 18, 2016): 119–32. doi:10.24042/kons.v3i2.576.

Mufida, Ayu. Wawancara Informan Guru BK, November 25, 2022.

Prasanti, Ditha, and Sri Seti Indriani. “Etika Komunikasi Dalam Media Sosial Bagi Ibu-Ibu PKK Di Desa Mekarmukti Kab. Bandung Barat.” Profetik: Jurnal Komunikasi 10, no. 1 (April 1, 2017): 21. doi:10.14421/pjk.v10i1.1219.

Prastowo, Andi. Memahami Metode-Metode Penelitian. AR-RUZZ MEDIA, 2011.

Priyatna, Muhammad. “Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’allimin Al -Islamiyah (KMI) Di Pondok Pesantren Modern Al -Ihsan Baleendah Bandung.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 11 (October 25, 2017): 22. doi:10.30868/ei.v6i11.93.

R. Semiawan, Conny. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Ridwan, Kholiq. Siswa pemilik siifat agresif dengan latar belakang pondok pesantren. bentuk agresivitasnya verbal mengancam kepala sekolah saat dihukum disuruh memotong rambut. 21 September 2022, September 21, 2022.

———. Wawancara Guru Mata Pelajaran Agama Islam SMP Swasta Citra Kusuma Jember, November 22, 2022.

———. Wawancara Lanjutan Guru Mata Pelajaran Agama Islam SMP Swasta Citra Kusuma Jember, November 22, 2022.

S, Neviyarni, and Rita Novita. “Group Guidance Services with Self-Management Techniques to Reduce Students’ Verbal Aggressive Behavior.” Bisma The Journal of Counseling 6, no. 1 (May 29, 2022): 25. doi:10.23887/bisma.v6i1.42991.

S. Willis, Sofyan. Remaja & Masalahnya. 6th ed. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sa’diyah, Halimatus, Muh Chotim, and Diana Ariswanti Triningtyas. “Penerapan Teknik Self-Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6, no. 2 (February 9, 2017): 67. doi:10.25273/counsellia.v6i2.1018.

Soraya, Iin. “Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta).” Jurnal Komunikasi, 2017, 9. doi:https://doi.org/10.31294/jkom.v8i2.2654.

W Santrock, John. Child Development. Mike Sugarman, 2011.

Winarlin, Retno, Blasius Boli Lasan, and Widodo. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP” 1 (May 27, 2016). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/622/389.

Wulandari, Rizky Aulia, and Nur Asyah. “Pengaruh Layanan Informasi Teknik Self-Management Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Eria Medan” 6 (2022): 15. doi:https://doi.org/10.2219/cognicia.v7i3.9257.




DOI: 10.24036/4.36517
10.24036/4.36517

Article Metrics

Abstract View : 332 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Tri Wulansari, Izza Maharani, Izza Maharani, Parisca Ainul Maulida, Parisca Ainul Maulida, Mochammad Zaka Ardiansyah, Mochammad Zaka Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.