Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di Era New Normal

Nila Frischa Panzola(1), Taufik Taufik(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa SMA yang melakukan prokrastinasi akademik sehingga tugas belajar siswa tidak dapatdiselesaikan tepat waktu. Prokrastinasi akademik ini karena adakecenderungan siswa menyepelekan kegiatan akademik dan mengutamakankegiatan bersama teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan hubungan konformitas teman sebaya dengan prokrastinasiakademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metodedeskriptif dan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 210 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket konformitas teman sebaya dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat konformitasteman sebaya siswa adalah tinggi dengan rata-rata skor capaian  148,5(72,4%) dan tingkat prokrastinasi akademik siswa juga tinggi dengan rata-rata skor capaian 123,5 (82,3%). Terdapat hubungan positif signifikan antarakonformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik siswa di era new normal  dengan besar korelasi 0,640 dan signifikansi 0,000. Artinya semakintinggi konformitas teman sebaya siswa maka akan semakin tinggi pula prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa

Keywords

Konformitas, Teman Sebaya, Prokrastinasi Akademik

References

Antoni, F., Taufik., Yendi, F, M., & Yuca, V. (2019). Peningkatan Locus Of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal of School Counseling.

Fahmi, S., & Sukma, D. (2021). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Kedisiplinan Siswa di Sekolah. Jurnal Neo Konseling.

Ferrari, J.R., Johnson, J. L & McCon, W.G. (1995). Procrastination and Task Avoidance, theory, research and treathment. New: Plenum Press.

Firman, F. (2018). “Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Hanifah., Permata, H., & Muslikah. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Ditinjau dari Jenis Kelamin dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertip Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Hariko, R., Taufik., & Ifdil. (2017). Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal education.

Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying. Junal Neo Konseling.

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: PT Erlangga.

Mandasari, D., & Nirwana, H. (2019). Hubungan Self Control dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Neo Konseling.

Mandes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Era New Normal. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Munaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. K. (2017). Tingkat Prokrastinasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D., & Indonesia, R. (2020). ?Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Surat Edaran dari Kementerian RI.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah.

Reska, N., & Taufik. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa S1 BK FIP UNP. Jurnal Neo Konseling.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence"Perkembangan Remaja". Jakarta : Erlangga.

Saputra, H, R., Alizamar., & Afdal. (2020). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik Menyelesaikan Tugas Pelajar di SMP dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.11693
10.24036/4.11693

Article Metrics

Abstract View : 399 times
PDF : 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nila Frischa Panzola, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.