The Analysis of Student’s Exam Anxiety and Its Effects on Psychological Reaction
(1) Univesitas Negeri Padang
(2) Univesitas Negeri Padang
(3) Univesitas Negeri Padang
(4) Univesitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Agustiar, Wisnawati., & Asmi, Yuli. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri X Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi, vol. 8, no. 1, Juni
Karneli, Y., Ardimen., & Netrawati. (2019). Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurukan Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia. 4(2). 42-47
Linda‚ Fitria., Neviyarni., Netrawati., & Yeni Karneli. (2005). Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 10, No. 1.
Marlina, Marlina., Ningsih, Y, T., Fikri, Zulian & Fransiska, D, R. (2022). Bisindo-based Rational Emotive Behaviour Therapy Model: Study Preliminary Prevention of Sexual Harassment in Women With Deafness. The Journal of Adult Protection. 24(2). 102-104
Mukhlis, Hamid., & Koentjoro. (2015). Pelatihan kebersyukuran untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa SMA. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(3), 203–215.
Mukholil. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8(1).
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68.
Rahman, U., Nursalam, & Tahir, Mr. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone kabupaten Bone. Teman Cendikia, 2(3), 85
Rana‚ Rizwan.‚ & Mahmood‚ Nasir. 2010. The Relationship Between Test Anxiety and Academic Achievement. Bulletin of Education and Research. 32(2). 63-74.
Safaria, T., & Putra, Nofrans Eka. (2009). Manajemen emosi (sebuat panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda). Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, A. W., Mudjiran, & Alizamar. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Sekolah ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal Serta Implikasi. Jurnal Bikotetik., 01 (02), 37–72
Siahaan, D, N, A., Neviyarni., Karneli, Y., & Netrawati. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Korban Kekerasan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 10(1).
Siregar,Chintia . Novilia. (2013). Tingkat kecemasan pada santri pondok pesantren. J. Online Psikologi. vol. 1(1). 242–256
Solehah‚ Laila Fida Nabihah. (2012). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional . Perspektif Ilmu Pendidikan - Vol. 25 Th. XVI April 2012. http://journal.unj.ac.id/unj/index. php/pip/article/view/6840/4933
Sugiono. 2022. Motivasi Rohani: Edukasi Kontrol Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Sekolah. Jurnal Peduli Masyarakat. 4(2). 189-194.
Taufik, M., Abdullah‚ Rukman.‚ & Suratmi. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi. 4(1). 72-76
William T. Hey, P., Donna L. Bailey, M., & Kristine Stouffer, P. (2001). Understanding Adolescent Anxiety Disorders: What Teachers, Health Educators, and Practitioners Should Know and Do. Journal of Health Education. 4(1) 81-91
DOI: 10.24036/4.36740
Article Metrics
Abstract View : 167 timesPDF : 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.