Gambaran Perilaku Bullying pada Siswa SMP

Fauziah Mardyani(1*), Frischa Meivilona Yendi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Perilaku bullying merupakan suatu perilaku agresif yang dilakukan seseorang atau kelompok kepada orang lain baik secara fisik, verbal, dan sosial/relasional yang dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 112 orang siswa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik Total Sampling dan ditetapkan sebanyak populasi. Pengumpulan data menggunakan intrumen perilaku bullying dengan model skala likert. Data diolah menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku bullying pada siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang (58,93%). Hasil penelitian perilaku bullying pada siswa dapat dilihat dengan rincian sebagai berikut: (1) perilaku bullying fisik berada pada kategori sedang (50,00%) (2) perilaku  bullying verbal berada pada kategori sedang (51,79%) (3) perilaku bullying sosial/relasional berada pada kategori sedang (60,71%).

 


References

Afriana, D., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2013). Upaya Mengurangi Perilaku Bullying di Sekolah dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lampung.

Ashari, Fitri, H., Utami, S., & Widodo. (2021). Kontribusi Layanan Informasi dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa. ORIEN: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa., 1(1), 87–94.

Beane, A. L. (2008). Protect Your Child From Bullying: Expert Advice to Help You Recognize, Prevent, and Stop Bullying Before Your Child Gets Hurt. San Francisco: Jossey Bass.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Bullying di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–11.

Dewany, R., Hariko, R., & Karneli, Y. (2023). Teknik Penstrukturan dalam Layanan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 62–69.

Dewi, C. I. A. L., & Tience Debora Valentina. (2020). Posttraumatic growth among adolescents victims of bullying. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 13–25. https://doi.org/10.32734/psikologia.v15i1.4342

Dewi, C. I. A. L., & Valentina, T. D. (2020). Posttraumatic Growth Among Adolescents Victims of Bullying. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 1(15), 13–24.

Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Anak. Jurnal Keperawatan, 15(1), 60.

Jannah, M. (2016). Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(1), 243–255.

Monnalisza, & S, N. (2018). Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan Aisyiyah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(2), 77–83.

Natalia, N., Firman, & Daharnis. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkat Sikap Siswa terhadap Kedisiplinan Sekolah. In: Proceeding Seminar Bimbingan Dan Konseling Mahasiswa Indonesia-Malaysia: Imple.

Netrawati, Khairani, & Karneli. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 80–90.

Nurajijah, S., & Sofiyah, Z. (2022). Studi Kepustakaan Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Kasus Bullying di Sekolah. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(2), 23–29.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UNP.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di MTsN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Tahun 2017. Jurnal Menara Ilmu, 12(8), 107–116.

Rahmawati, I. M. H., Rosyidah, I., & Hartatik. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan, 20(2), 77–86.

Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VIII SMP H Isriati Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Sari, D. ., & Yendi, F. . (2019). The Urgency of Handling Bullying Toward Junior Hight School Students. Jurnal Neo Konseling, 1(1).

Sasmita, H., & Karneli, Y. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2).

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyuningtyas, I., Ayu, L. F., Rafidah, N., & Auranisha, W. (2021). Pelayanan Konseling Kelompok dalam Menangani Kasus Bullying. . 1(1): . Counseling As Syamil, 1(1), 34–47.

Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2(1), 50-64.

Yendi, F. ., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109–114.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01001cic
10.24036/01001cic

Article Metrics

Abstract View : 5 times
PDF : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauziah Mardyani, Frischa Meivilona Yendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.