ANALISIS COPING STRESS PADA MAHASISWA KORBAN BULLYING

Ulfatmi Ridwana(1*), Yeni Karneli(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Korban bullying sering mengalami stress yang bisa berdampak buruk pada prestasi akademis, kesehatan mental, dan kehidupan sosial. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana korban bullying dapat mengatasi stress akibat bullying dengan menggunakan copping stress. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi coping stress yang digunakan oleh mahasiswa yang menjadi korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan transkip wawancara yang telah diverbatim. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam strategi coping yang digunakan oleh mahasiswa. Beberapa mahasiswa cenderung menggunakan  strategi coping aktif, seperti mencari dukungan sosial, self-reflection, dan pemecahan masalah, sementara yang lain lebih cenderung menggunakan strategi coping pasif, seperti penghindaran dan denial. Faktor-faktor yang berpengaruh seperti dukungan sosial, persepsi diri, dan pengalaman sebelumnya memainkan peran penting dalam pemilihan strategi coping.


References

Butar, H. S. B., & Karneli, Y. (2022). Persepsi Pelaku Terhadap Bullying dan Humor. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 372–379.

Darsa, J., & Razak, A. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Coping stresss Pada Mahasiswa Semester Akhir. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies, 3(5).

Gunawan, D. N. (2013). Hubungan Strategi Koping dengan Kualitas Hidup Caregiver Keluarga Penderita Skizofrenia di RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Hanifah, N., Lutfia, H., Ramadhia, U., & Purna, R. S. (2020). Strategi coping stress saat kuliah daring pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(1), 29–43.

Karneli, Y., Purwanta, E., Sidik, M. S. B. M., Fikri, M., Afdal, A., & Firman, F. (2023). An examination of student bullying tendencies in West Sumatera Indonesia. Cakrawala Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(2).

Lio, S., & Sembiring, K. (2019). Strategi Coping Mahasiswa Tugas Akhir Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1).

Machackova, H., Cerna, A., Sevcikova, A., Dedkova, L., & Daneback, K. (2013). Effectiveness of coping strategies for victims of cyberbullying. Cyberpsychology, 7(3).

Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Pada Lansia Di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1).

Mulianingsih, R., & Dewi, D. K. (2022). Strategi Coping stress Pada Mahasiswa Korban Bullying Di Universitas X T. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5).

Pradhana, P., & Daulay, N. (2023). Teknik Assertive Training Melalui Cyber Counseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa MTsN. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3).

Priyatna, A. (2010). Let’s End Bullying. Memahami, Mencegah & Mengatasi Bullying. PT. Elex Media Komputindo.

Puspita, V. D., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial. Teman Sebaya Dengan Perundungan Pada Siswa SMP PL Domenico Savio. Jurnal Empati, 7(4), 252–259.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237.

Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, & Pratikto, H. (2020). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 1–9.

Sari, R. A. P., & Karneli, Y. (2020). Differences in Student Bullying Behavior in terms of Gender and Cultural Background. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2), 133–147.

Tawaa, S. I. A., & Silaen, S. M. J. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Empati Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2).

Utomo, M. I. T. (2016). Strategi Coping Korban Bullying Verbal Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 12 .


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01012cic
10.24036/01012cic

Article Metrics

Abstract View : 17 times
PDF : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulfatmi Ridwana, Yeni Karneli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.