Hubungan Kontrol Diri dengan Pengaturan Diri Siswa Pengguna Gadget di SMAN 3 Padang Panjang

Shilva Fizarahma(1*), Firman Firman(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang bermain gadget saat belajar, yang disebabkan karena melemahnya pengaturan diri dan kontrol diri siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengaturan diri yaitu kontrol diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 632 siswa kelas X dan kelas XI SMAN 3 Padang Panjang dengan sampel sebanyak 245 siswa pengguna gadget dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kontrol diri dan pengaturan diri siswa pengguna gadget. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif menggunakan rumus persentase dan analisis korelasional menggunakan rumus product moment correlation dan perhitungannya dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif signifikan antara kontrol diri dengan pengaturan diri siswa pengguna gadget dengan tingkat nilai korelasi sebesar 0,405 pada taraf signifikansi 0,000. Implikasi hasil penelitian terhadap BK yaitu dengan memberikan layanan informasi dan layanan penguasaan konten.


References

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fachrurrozi, F., & Ibrahim, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 6. https://doi.org/10.24036/xxxxxxxxxxx-x-xx

Fitri, Y.A, Firman & Karneli, Y. (2016). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. 1(1).

Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65. https://doi.org/10.29210/120182191

Irfan, I., Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95. https://doi.org/10.24252/join.v5i2.15828

Jey, G., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Tehadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 99-110.

Kartikasari, W. A., Firman, F., & Afdal, A. (2023). Kontrol Diri dan Perilaku Phubbing Dilingkungan Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 5(1), 40-46.

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85-91.

Sugiarto, S., Neviyarni, S., & Firman, F. (2021). Peran Penting Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Bimbingan Konseling di Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 60-66.

Syahputra, I. A., & Affandi, G. R. (2021). The Relationship between Internal Locus of Control and Academic Self-Regulation in Class 11 Vocational High School Students in Sidoarjo. Psikologia : Jurnal Psikologi, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.21070/psikologia.v6i2.1687


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01015cic
10.24036/01015cic

Article Metrics

Abstract View : 9 times
PDF : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shilva Fizarahma, Firman Firman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.