Hubungan Stres Akademik dan Kecanduan Internet dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Satry suklis(1*), Zadrian Ardi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Sebagai mahasiswa harus memenuhi tanggung jawab dan kewajibannya dalam aktivitas perkuliahan seperti mengerjakan tugas-tugas akademik. Banyaknya tugas-tugas yang diberikan akan mendorong mahasiswa menjadi malas dan enggan untuk membuat tugas sehingga menyebabkan mahasiswa melakukan prokrastinasi. Prokrastinasi dapat dipengaruhi oleh rasa stres yang dialami mahasiswa karena tuntutan tugas yang diberikan. Selain itu prokrastinasi juga dapat dipengaruhi oleh adanya kecanduan internet pada mahasiswa. Mahasiswa lebih banyak memilih untuk bermain internet dari pada membuat tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan stress akademik dan kecanduan internet dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis regresi. Populasi dalam peneltian ini sebanyak 1,441 mahasiswa dengan sampel 313 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengpulan data penelitian ini menggunakan angket stres akademik, angket kecanduan internet dan angket prokrastinasi akademik. Data diolah menggunakan teknik analisis presentase dan untuk menguji hubungan melalui program statistik SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanyak hubungan yang positif dan signifikan antara stres akademik dan kecanduan internet dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Artinya bahwa semakin tinggi stres akademik dan kecanduan internet pada mahasiswa maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik .

 


References

Alizamar, A., Ifdil, I., Taufik, T., Syahniar, S., Afdal, A., Hariko, R., Yendi, F. M., Ardi, Z., Fadli, R. P., Erwinda, L., Zola, N., Suranata, K., Bariyyah, K., & Rangka, I. B. (2018). Measuring internet addiction: Adaptation and validation of the Chen Internet Addiction Scale (CIAS) on Indonesian version. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012057

Azar, F. S. (2013). Self Efficacy, Achievement Motivation, and Academic Procrstination as Predictors of Academic Performance. US-China Education Review, 3, 11, 847-857. ISSN 2161- 6248.

Bakri, R. P. (2021). Pengaruh Stres Akademik dan Kecanduan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 578. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6501

Ferrari., Joseph, R., Johnson, J. & McCown, W. (1998). Procrastination and task avoidance. New York, USA: Plenum Press.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2).

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(2

Hayani, S., Dahlia, D., Khairani, M., & Amna, Z. (2022). Kecanduan Internet Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 5(2), 177–208. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i2.27441

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1-12.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawan, G, O,. (2015). Hubungan antara stres akademik dengan prokratinasi akademik pada mahasiswa yang sedang skripsi di Universitas kristen satya wacana. Jurnal Psikologi, 5(2), 6– 16.

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Sugiarto, S., Neviyarni, S., & Firman, F. (2021). Peran Penting Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Bimbingan Konseling di Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 60-66.

Sukma, D. (2018). Konsep dan penerapan bimbingan kelompok dan konseling kelompok didasarkan pada paradigma Prayitno. Konselor,7(2),49-54.

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Zahri, T. N. (2017). Layanan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Panti Asuhan. International Counseling and Education Seminar, 186.

Zarniati, Z., Alizamar, A., & Zikra, Z. (2016). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik. Konselor, 3(1),12-16.




DOI: 10.24036/01016cic
10.24036/01016cic

Article Metrics

Abstract View : 63 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Satry suklis, Zadrian Ardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.