Hubungan Persepsi Siswa tentang Peran Guru BK dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan hubungan persepsi siswa tentang peran Guru BK dalam implementasi fungsi BK dengan minat siswa mengikuti layanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP N 25 Padang tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 773 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 289 yang dipilih dengan teknik stratified random sampling . Pengumpulan data menggunakan angket persepsi siswa tentang peran Guru BK dalam implementasi fungsi BK dan angket minat mengikuti layanan berdasarkan model skala Likert . Data diolah menggunakan analisis deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi dengan bantuan program SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persepsi siswa tentang peran Guru BK dalam implementasi fungsi BK berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 137,82 dan persentase 72,53% dari skor ideal, 2) minat siswa mengikuti layanan berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 97,53 dan persentase 69,74% dari skor ideal, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang peran Guru BK dalam implementasi fungsi BK dengan minat siswa mengikuti layanan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,566 dan signifikansi 0,000.
References
Agustina, Daharnis & Hariko. 2019. Peran Konselor Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Peran Konselor Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. Jurnal Education 3(1): 15–22.
Andini, Rahmalia. 2008. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan Konseling Dan Intensitas Pemanfaatan Layanan Bimbingan Konseling Di SMA Pgri 109 Tangerang.” SKRIPSI. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ardi, Z, Daharnis D, Yuca & Ifdil. 2021. Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assesment Procedures in the Social Science Research. Psychology and Education 58(1).
Amron, Nabila. 2022. Faktor yang Melatarbelakangi Rendahnya Minat Siswa untuk Memperoleh Layanan Konseling Perorangan. Http://repository.unp.ac.id. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Fitria, Daharnis & Sukma. 2013. Persepsi Siswa Tentang Perilaku Seksual Remaja Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor 2(1): 202–7. doi:10.24036/0201321995-0-00.
Hariko, Rezki. 2012. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Konselor Dan Motivasi Siswa Mengikuti Konseling Perorangan Di Sma Adabiah Padang. Universitas Negeri Padangs Udayana: 1–130.
———. 2017. Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 2(2): 41–49. doi:10.17977/um001v2i22017p041.
Hidi & Renninger. 2006. The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist 41(2): 111–27. doi:10.1207/s15326985ep4102_4.
Hurlock, E. B. 2000. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Netrawati, Khairani & Yeni Karneli. 2018. Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 2(1).
Nurhabibah, Syahniar & Netrawati. 2019. Student Interest in Participating Individual Counseling in Senior High School 8 Padang. Jurnal Neo Konseling 1(2). doi:10.24036/00120kons2019.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (diterjemahkan oleh Amitya Kumara). Jakarta: Erlangga.
Putra, Arief Ramadhan. 2018. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru BK dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Di Kelas XI SMAN 2 Batusangkar Journal of Controlled Release 11(2): 430–39.
Prastiti, T. & Saraswati, S. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 2 (4).
Prayitno & Amti, 2018. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: rineka cipta.
Purwanti, Firman, & Sano. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru Bk Dengan Minat Siswa Untuk Mengikuti Konseling Perorangan. Konselor 2(1): 347–53. doi:10.24036/02013211271-0-00.
Salim, Agus, & Septiana Wulandari. 2019. Pengaruh Persepsi Bimbingan Konseling Terhadap Minat Siswa Dalam Memanfaatkan Bimbingan Konseling Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 18 Makassar. JURNAL PSIKOLOGI SKIsO (Sosial Klinis Industri Organisasi) 1(1): 103–12.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.
Sisrianti, Nurfarhanah & Yusri. 2013. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling/Konselor Di Smp N 5 Pariaman. Konselor 2(1): 32–38. doi:10.24036/0201321717-0-00.
Sujatmiko, Muswardi & Rahmayanthi. 2014. Hubungan Antara Persepsi Dan Minat Siswa Dengan Aktivitas Mengikuti Layanan Bimbingan Dan Konseling.
Yulisman, Nelpia. 2022. Faktor Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Konseling Individual Di Smpn 1 Tanjung Mutiara Tiku Selatan Kabupaten Agam.
DOI: 10.24036/01019cic
Article Metrics
Abstract View : 72 timesPDF : 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dea Gustiana Maifitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.