Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial

Aidul Putra(1*), Indah Sukmawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Perilaku prososial didefinisikan sebagai tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu atau memberi keuntungan pada individu atau sekelompok individu. Perilaku prososial penting dimiliki pada kalangan remaja agar dapat berinteraksi dan diterima dalam lingkungan sosial, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang mencerminkan perilaku prososial di lingkungan sekolah seperti kurang mau membantu teman. Salah satu faktor diduga mempengaruhi perilaku prososial yaitu kurang mampu ber empati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan empati siswa, mendeskripsikan bagaimana perilaku prososial siswa, dan menguji signifikan antara empati dengan perilaku prososial siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 270 orang siswa MAN 1 Pasaman dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan model Skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan empati dengan prososial siswa. Hasil penelitian bahwa empati yang dimiliki siswa MAN 1 Pasaman berada pada kategori sedang, (2) kecenderungan perilaku prososial dimiliki siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan posistif signifikan antara empati dengan perilaku prososial siswa dengan indeks 0,498.

References

Ali, M & Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifah, S. F., & Haryanto, H. C. (2018). Perilaku Prososial Remaja pada Siswa SMA atau Sederajat yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 125-140.

Balengka, K. B., Khairun, D. Y., & Rahmawati, R. (2021). Perilaku Prososial Siswa dan Implikasi Program dalam Bimbingan Pribadi Sosial. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(1), 84–99.

Dahriani, A. (2007). Perilaku Prososial Terhadap Pengguna Jalan (Studi Fenomenologis pada Polisi lalu lintas). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Dayakisni, T & Hudaniah. (2006). Psikologi Sosial. Malang: Universitas. Muhammadiyah Malang.

Eisenberg, N., Fabes, R. A., Guthrie, I. K., & Reiser, M. (2000). Dispositional Emotionality and Regulation : Their Role in Predicting Quality of Social Functioning. Journal of Personality and Social Psychology, 78 (1), 136-157.

Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Knafo-Noam, A. (2015). Prosocial Development. In M. Lamb & R. M. Learner (Eds.), Handbook of Child Psychology and Developmental Science, Vol. 3 (7th ed., pp. 610-656). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Gunarsa, S. D. dan Y. S. D. G. (2003). Psikologi Perkembangan Anak dan. Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hamdani Hamid, A. (2012). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.

Hariko, R. (2020). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Agentik untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Doctoral dissertation: Universitas Negeri Malang.

Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan anak. Alih Bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.

Istiana. (2016). Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial pada Relawan KSR PMI Kota Medan. Jurnal Diversita, 2(2), 1–13.

Rahajeng, U. W., & Wigati, T. Y. A. (2018). Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Status Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(2), 124–132. https://doi.org/10.26740/jptt.v8n2.p124-132

Sarwono, Wirawan Sarlito,(2012). Psikologi Remaja: Definisi Remaja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. Bandung: Bumi Aksara.

Zakiyyah, Isnaini Arofa, dkk. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 06, No. 01.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01020cic
10.24036/01020cic

Article Metrics

Abstract View : 11 times
PDF : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aidul Putra, Indah Sukmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.