Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan belajar Siswa
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan belajar siswa di sekolah, yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa MAN 1 Kota Pariaman dengan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw, keterampilan belajar siswa meningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil uji t yaitu thitung > ttabel (31,886 > 1,99444) dan mempunyai nilai p < 0,05 (0,001 < 0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata pretest dan skor rata-rata posttest. Dapat dsisimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan model cooperative learning tipe jigsaw terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.
References
Adiningtiyas, S.W. 2016. Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Dimensi. 5 (2).
Fikri, Z.A. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran. Jurnal pendidikan Islam. Vol 16( 2).
Hasanah, U., Ahmad, R & Karneli, Y. 2017. Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal ICES. PP: 143-148.
Lubis, N.A & Harahap, A. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Assalam. 1(1), 96-102.
Mulyadi. 2016. BK di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyana, R. 2009. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah peduli dan Melalui budaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 6 (2), 175-180.
Pratingkas. C. K. 2018. Perbedaan Pemahaman Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD ( Students Teams Achievement Division). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(16), 1573-1581.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil (Layanan dan kegiatan pendukung). Jakarta: Rajawali Pers.
Rasdiyani, A.N & Karneli, Y. 2021. Konseling Individual Menggunakan Teknik WDEP untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Aplikasi Iptek Indonesia. 5 (1), 36-43.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugestiningsih, R & Sudrajat, A. 2018. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT untuk Peningkatan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 15(2), 104-115.
Syafni, E., Syukur, Y & Ibrahim, I. 2013. Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Jurnal Konselor. 2 (2). 15-19.
Tanjung, R.F., Neviyarni & Firman. 2013. Layanan Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP umatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 3 (2), 155-164.
Tim Satgasus 3SCPD. 1997. Seri Latihan Keterampilan Belajar. Padang Depdikbud.
Yusuf. A. M. 2014. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan). Jakarta: Kencana.
Zahri, T. N., Yusuf, A. M & Veviyarni. 2017. Hubungan Gaya Belajar dan keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor. 16 (1), 18-23.
DOI: 10.24036/01022cic
Article Metrics
Abstract View : 8 timesPDF : 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hasnah Khairur Rizqi, Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.