Hubungan dukungan orangtua dengan kegiatan belajar siswa
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini didasari karena masih banyaknya siswa yang kurang optimal dalam kegiatan belajar. Kegiatan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya dukungan orangtua. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan dukungan orangtua dengan kegiatan belajar siswa SMA Negeri 1 Sitiung. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kegiatan belajar siswa, (2) mendeskripsikan dukungan orangtua siswa, (3) menguji seberapa besar hubungan dukungan orangtua dengan kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X dan XI siswa SMA Negeri 1 Sitiung sebanyak 636 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 267 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner kegiatan belajar dan dukungan orangtua yang valid dan reliabel. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar siswa SMA Negeri 1 Sitiung berada pada kategori baik, dukungan orangtua siswa SMA Negeri 1 Sitiung berada pada kategori baik, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orangtua dengan kegiatan belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,620 dan taraf signifikansi sebesar 0,000.
References
Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orangtua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108-139.
Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring The Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.
Daharnis, D., Erlamsyah, E., Ifdil, I., Ardi, Z., & Hariko, R. (2014). Model Program Pengembangan Kegiatan Belajar Siswa SMA Sumatera Barat. Padang: Universitas Negeri Padang.
Daharnis, D. (2005). Hubungan Sejumlah Karakteristik Mahasiswa, Kondisi Lingkungan, Pembelajaran, Kegiatan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Erlamsyah, E., Daharnis, D., Alizamar, A., & Ifdil, I. (2011). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Ditinjau dari Mutu Kegiatan Belajar, Angkatan, Status Masuk dan Jenis Kelamin (Project Report). Padang: BK FIP UNP
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.
Hidayati, S. (2011). Hubungan Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar VII MTs Al Muarromin Wadak Kidul Duduksampeyan Gresik. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
Maslihah, S. (2011). Studi tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (1997). Keterampilan Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Sarafino, E. P., Smith, T. W., King, D. B., & DeLongis, A. (2015). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Canada: Wiley.
Seto, M., Heru, B., &Wahyu, R. (2016). Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumarah, F. T., & Sukmawati, W. (2021). Hubungan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kamal 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 344-350.
Wijaya, R. S. (2015). Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3), 40-45.
DOI: 10.24036/01106cic
Article Metrics
Abstract View : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rachmi Isnania, Daharnis Daharnis, Herman Nirwana, Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.