Hubungan Kelekatan Orangtua dan Anak dengan Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Atas (SMA)
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya siswa di SMA Negeri Junjung Sirih yang tidak disiplin dalam mematuhi aturan yang ada di sekolah. Salah satu faktor yang menyebabkan disiplin siswa rendah adalah kelekatan orangtua. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan kelekatan orangtua dan anak pada siswa di SMA Negeri 1 Junjung Sirih; (2) Mendeskripsikan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Junjung Sirih; (3) Menguji hubungan kelekatan orangtua dengan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Junjung Sirih yang terdaftar dalam tahun ajaran 2022/2023, yang secara keseluruhan berjumlah 126 siswa, teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kelekatan orangtua dan instrumen disiplin siswa dengan skala model likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) Kelekatan orangtua pada umumnya berada pada kategori tinggi; (2) Disiplin yang dimiliki siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi; (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kelekatan orangtua dengan disiplin siswa di SMA N 1 Junjung Sirih.
References
Adlya, S. I. (2020). Kontribusi kontrol diri dan perhatian orangtua terhadap kedisiplinan siswa. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. Jakarta: An1mage.
Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga. Jakarta: Kencana.
Ma’rifah, U. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Remaja Dan Orang Tua Dan Disiplin Di MAN Maguwoharjo (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA)
Mursini, S. D., & Widyastuti, W. (2017). The Relationship Between Parental Attachment And Student Discipline At Mts Nurul Huda Sedati. Psikologia: Jurnal Psikologi, 2(2), 105–115.
Nela, W. S. (2015). “Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Papalia. (2015). Human Development (Psikologi Perkembangan). Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenada Media Group.
Pertiwi, D. Y. 2014. “Tingkat Hambatan Siswa dalam Mematuhi Peraturan Sekolah”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. (2020). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK teknindo jaya Depok. Research and Development Journal of Education, 6(2), 13-23
Rismawati, R., Bakar, A., & Nasution, J. A. (2022). Kelekatan Aman Orang Tua-Anak Dan Kaitannya Dengan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Suloh, 7(1), 33–39.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Konsep, Teori dan Aplikasinya). Jakarta: Kencana.
Sarwono, S. W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pres.
Tulus. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa.
Wulandari, W., Zikra, Z., & Yusri, Y. (2017). Peran orangtua dalam disiplin belajar siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(1), 24–31.
DOI: 10.24036/01126cic
Article Metrics
Abstract View : 42 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 lina afrianti, Zikra Zikra, Daharnis Daharnis, Nurfarhanah Nurfarhanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.