Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran dan Bimbingan Konseling: Fondasi Teoritis dan Implikasi Praktis bagi Peserta Didik

Lailatul Afifah Ardi(1*), Neviyarni S(2), Herman Nirwana(3),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Artikel ini mengkaji teori konstruktivistik sebagai paradigma penting dalam pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dalam proses membangun pengetahuan. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode literature review dengan menganalisis teori dari Piaget, Vygotsky, dan berbagai penelitian terbaru terkait pembelajaran aktif. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa konstruktivisme terbagi menjadi dua pendekatan, yaitu konstruktivisme individual dan konstruktivisme sosial. Dua pendekatan tersebut menegaskan bahwa pembelajaran bermakna terjadi ketika peserta didik terlibat aktif melalui pengamatan, refleksi dan adanya interaksi sosial. Implementasi teori konstruktivisme di kelas dapat dilihat pada pembelajaran yang kooperatif, inkuiri, problem based learning, dan kelompok belajar. Selain itu, konstruktivisme juga memberikan kontribusi yang penting dalam layanan BK, terutama dalam membantu peserta didik dalam memahami identitas diri, merefleksi pengalaman, dan merumuskan tujuan karier peserta didik. Melalui penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa konstruktivisme memberikan landasan yang kuat baik bagi secara teoritis dan praktis yang relevan dalam pembelajaran di kelas dan layanan BK di sekolah.

References

Astiti, K. A., Yanti, B. A. S., Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., Zahara, L., & Wijaya, I. K. W. B. (2024). Teori Psikologi Konstruktivisme. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=fMgzEQAAQBAJ

Bimrose, J. (2016). Constructivism in online career counselling. In Career counselling (pp. 210–221). Routledge.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Gunawan, I. G. A., Sujana, I. P. W. M., Ardani, N. N. J., Dewi, N. K. V. K., Violita, N. K. L., Sembiring, M. F. B., & Dwi, N. L. P. D. A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Banjar. Widya Accarya, 16(1), 49–54.

Herianingtyas, N. L. R., Muyassaroh, I., Barokah, A., Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2025). Model-Model Pembelajaran: Praktik Pedagogis Pembelajaran Mendalam. Publica Indonesia Utama.

Istikomayanti, Y., Mitasari, Z., Mashuri, M., & Anggraeni, P. D. (2024). Buku Penguatan Pedagogik Calon Guru: Teori dan Praktik Baik dalam Pembelajaran.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Ananta Vidya.

Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan teori belajar konstruktivisme dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42.

Mardiah, S. A., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2025). Peranan Teori Konstruktivisme Dalam Layanan Bimbingan Karir di SMA. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12).

Moreno, R. (2010). Educational Psychology. In The ECPH Encyclopedia of Psychology. John Willey & Son, Inc. https://doi.org/10.1007/978-981-97-7874-4_1080

Sandra, R., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2025). Perkembangan Ilmu Psikologi Belajar dalam Mendukung Praktik Bimbingan Konseling di Abad 21; Behavioristik ke Konstruktivisme. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10).

Sari, N., Kaharuddin, A., Zulfikar, M., Elvierayani, R. R., Rinawati, A., Kuspiyah, H. R., Irianti, N. P., & Yahrif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Mendalam. Andi Kaharuddin. https://books.google.co.id/books?id=KCmYEQAAQBAJ

Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=DE9zEAAAQBAJ

Tabun, Y. F., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Hau, R. R. H., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, M. A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., & Julyanti, E. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=U6ZeEAAAQBAJ

Tarrapa, S., Panggabean, J. Z. Z., Judijanto, L., Waliulu, H., Sudarman, S., Lumbu, A., Hasnawati, H., Tumober, R. T., & Nurdin, H. A. (2025). Perencanaan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Watson, M. B. (2006). Career counselling theory, culture and constructivism. In Career counselling (pp. 59–70). Routledge.

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01334cic
10.24036/01334cic

Article Metrics

Abstract View : 15 times
PDF : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lailatul Afifah Ardi, Neviyarni S, Herman Nirwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.