Factors Causing Student Learning Difficulties in Following Online Learning and Teacher Guidance and Counseling Efforts to Overcome Them
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282–289.
Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (2), 205–212.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy. 7(4), 281–288.
Dewi. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55–61.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Engko & Usmany. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi. 6(1), 23–38.
Erwin & Syukur, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3(3), 901–908.
Hamalik, D. O. (2009). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, A. & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 6(1), 1–9.
Hariyanto, E & Mustafa. (2020). Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Internasional Counseling and Education Seminar. 143-148.
Hasgimianti, H., Nirwana, H., & Daharnis, D. (2017). Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa yang Berlatarbelakang Melayu dan Jawa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 130–143.
Hidayat, Rohaya, Nadine & Ramadhan. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 34(2), 147–154.
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokkong BPSDM SulSel. 1(3), 227–232.
Irawati & Santaria. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 264–270.
Ismawati, Alizamar, & Nurfarhanah. (2013). Kerjasama Guru BK dan Guru Mata Pelajaran/Praktik Membantu Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1), 88–97.
Jamal, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Jurnal Ilmu Pendidikan. 18 (2), 113–118.
Majid, D. A. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Berbasis Blended Learning. Jurnal Pendidikan Islam. 4 (1).
Meidawati. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 1 (2).
Minarsi, Niwarna, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Memecahkan Masalah Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3 (2), 1-14.
Mulyadi, H. (2010). Diagnosis kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Nasrulloh, M. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa MTs Daruth Tholibiin Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 9 (3), 359–368.
Nasution, A. (2014). Perencanaan Pengajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. 2 (1).
Nova. L., M, Firman. F., Sukmawati. I. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kebiasan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. 2 (1).
Prayitno dan Amti. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Puwodadi: Sarnu Untung.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An. 7 (2).
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Biodik. 6 (2), 214–224.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Sudarsana, Lestari, & Wijaya. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Suryadi, Erlamsyah & Yusri. (2017). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas-Tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2 (2), 14–18.
Suryani & Siregar, M. (2020). Pendekatan Teknik Johari Window dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Al-Hidayah Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 10 (1), 62–69.
Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syahrin, M. A., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Indonesian Journal of School Counseling. 4 (2), 69–75.
Syukur, Neviyarni, & Zahri. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto: IRDH
Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 1 (2), 143–150.
Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1 (2), 74–83.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Wijaya, Lukman, & Yadewani. (2020). Dampak Pandemi Covid19 terhadap Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Dimensi. 9 (2), 307–322.
Yulfitri, F., Marjohan, M., & Sano, A. (2014). Konformitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2 (1), 36–41.
Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. Jurnal Pembelajaran Inovatif. 2 (2).
DOI: 10.24036/0420cic
Article Metrics
Abstract View : 428 timesPDF : 351 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Monalisa Marsedes, Yarmis Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.