Student Academic Fraud and Implications in Guidance and Counseling Services
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Abdurrahman, F., Mudjiran, & Ardi, Z. (2020). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Keluarga Harmonis dengan Kesiapan Menikah. Jurnal Neo Konseling, 2(3), 1–7.
Ahmad, R. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.
Boharudin, Firman, & Irianto, A. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah. Konselor, 1–10.
Dewi, R. (2017). Fraud Penyebab dan Pencegahannya. Bandung: Alfabeta.
Endriani, Y., & Karneli, Y. (2020). Peran Konselor dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Layanan Penempatan dan Penyaluran. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 88–95.
Gusniwilda, A., Syukur, Y., & Nurfarhanah. (2014). Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Konselor, 3(2), 41–45.
Handayani, P. G., Yuca, V., Hidayat, H., Hariko, R., & Febriani, R. D. (2021). Kajian Self Adjustment pada Mahasiswa Kelas Internasional. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 106–111.
Hayati, L. M., Firman, & Yusuf, A. M. (2021). Pengaruh IKIGAI Guru BK dan Iklim Guru BK di Sekolah Terhadap Kinerja Guru BK. Indonesian Counseling and Psychology, 2(1), 25–35.
Hayati, R., Firman, & Marsidin, S. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Pendekatan Role Playing untuk Mengurangi Agresivitas Siswa. Konselor, 1–6.
Institut Akuntan Publik Indonesia. (2013). Standar Audit 240: Tanggung Jawab Auditor Terkait dengan Kecurangan dalam Suatu Audit Atas Laporan Keuangan. Online. Diambil dari spap.iapi.or.id. Diakses: Minggu, 21 Agustus 2021 Pukul 18.31 WIB.
Mardes, S., Firman, & Ahmad, R. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar. Konselor, 1–6.
Pramudyasututi, O. L., Fatimah, A. N., & Wilujeng, D. S. (2020). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(2), 147–153.
Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 324–329.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Putri, M. N., Firman, & Zikra. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Mengurangi Stres Menghadapi Ujian. Konselor, 2, 1–9.
Putri, R. P., Ibrahim, I., & Sukma, D. (2013). Hubungan Motivasi dengan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2, 1–7.
Sasmita, H., & Karneli, Y. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 37–47.
Sukma, D. (2018). Concept and Application Group Guidance and Group Counseling Base on Prayitno’s Paradigms. Konselor, 7(2), 49–54.
Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.
Tanjung, R. F., Neviyarni, & Firman. (2018). Layanan Informasi dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatra Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 155–164.
Yusuf, A. M. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Konselor, 6(1), 18–23.
DOI: 10.24036/0633cic
Article Metrics
Abstract View : 171 timesPDF : 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elsa Astya Maretta, Dina Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.