Post-Covid-19 Pandemic Student Learning Motivation and Its Implications for Guidance and Counseling Services at SMA N 3 Payakumbuh
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Agustin, R., Sano, A., & Yusri, Y. (2017). Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Berdasarkan Tipe Kepribadian. International Counseling and Education Seminar
Aulia Nadifa, M. Thamrin Hidayat, Syamsul Ghufron, Pance Mariati. (2022). Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas IV SD I Wachid Hasyim Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Kepribadian. International Counseling and Education Seminar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dani, R., & Syukur, Y. (2019). Students Perceptions of Drug Abuse and its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4).
Darminto E & SBAA Thorifah. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3 (1), 11-18
Edli, H., & Mudjiran, M. (2015). Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(1), 26. https://doi.org/10.24036/02015416452-0-00
Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha yang dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).
Frandy Pratama, Firman, Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 1 Nomor 3 Tahun 2019 Halaman 280-286
Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara self- efficacy akademik dengan hasil belajar siswa. Konselor, 3(1), 22. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00
Hartati, W., & Karneli, Y. (2020). Penggunaan pendekatan konseling individu trait and factor dalam perencanaan karier pada pria korban pelecehan seksual. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 223 – 228. https://doi.org/10.26539/teraputik.42422
Herlina Maman, H. S. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, Vol 8, No 1, 1–7.
Kemendikbud. (2020). Program Penyusunan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022.
Melika, F. D., Ahmad, R., Firman. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling
Nasution, J. A., Neviyarni, N. and Alizamar, A. (2017) ‘Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), p. 15. doi: 10.29210/02017114.
Nurkholis. (2020). Dampak pandemi novel-corona virus disease (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal PGSD, Vol. 6 No.1. 39–49.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Padang: Ghalia. Indonesia
Prayitno. (1997). Keterampilan belajar. Bengkulu: 3SCPD
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.
Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197
Rima, P. F., Alizamar., & Afdal. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2).
Robandi, D. and Mudjiran, M. (2020) ‘Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3498–3502. doi: 10.31004/jptam.v4i3.878.
Safitri, N., Neviyarni, & Irianto, A. (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Konselor, 3(4), 184–200.
Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil, I. (2016). Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1): 98- 102.
Article Metrics
Abstract View : 158 timesPDF : 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lisa Kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.