Gambaran Self Disclosure Mahasiswa Pengguna Media Sosial Tiktok
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Adnan, A. Z., & Hidayati, F. (2018). Self Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian dan Self Esteem pada Remaja Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2),
–184.
Ardi, Z., & Sukmawati, I. (2017). Social media and the quality of subjective well-being; counseling
perspective in digital era.
Azwar, S. (2021b). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. (2020). Persentase Penduduk Usia 5 Tahunke Atas Yang Mengakses Internet 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Barat (Persen), 2018-2020. Diakses pada 10 Juli 2022.
Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). The Relationship Of Self Control To Students Gadget Use. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 129-133.
Devito, J.A. 2011. Komunikasi Antar Manusia, edisi kelima. Tanggerang: karisma Publishing Group.
Firman, F. (2014). Pendidikan Multikultural dalam Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi di Lingkungan Masyarakat Majemuk Indonesia.
Nirwana, H. (2013). Pengungkapan Diri Siswa Sekolah Menengah dan Implikasinya Bagi Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1).
Ifdil, I. (2013). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan
Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 110-117.
Karyanti. 2018. Dance Counseling. Yogyakarta. Deepublish
Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh sosial media Tiktok terhadap gaya hidup remaja.
Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). http://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/JEP/index.
Kristanti, S. A., & Eva, N. (2022). Self-esteem dan Self-disclosure Generasi Z. Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 10-20.
Kusuma, P. W. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya Tiktok di Indonesia. Tekno Kompas.
Kusumaningtyas, R. D. (2010). Peran Media Sosial Online (Facebook) Sebagai Saluran Self Disclosure Remaja Putri Di Surabaya. Surabaya: Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan Universitas Pembangunan Nasional "Vateran" Jawa Timur.
Prayitno&Amti, E. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(1).
Putra, Daharnis&Syahniar.(2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan
Self Efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konselor. 2(2).
Ramadhani, A. F., & Hariko, R. (2022). Subjective Well-Being siswa pengguna Tiktok berdasarkan
perbedaan intensitas penggunaan. Counseling and Humanities Review, 2(1), 1-6.
Rahmawati, N. H., Iqom, M. K., & Hermanto. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial
dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Keperawatan, 5(2), 77-81.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rofiq, F. A & Istiqomah. 2018. Gambaran Self disclosure Melalui Sosial Media Pada Siswa SMAN
Sukowono. Jurnal Unmuh Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/6187/1/Artikel.pdf Diakses 2 Juni 2023.
Sasmita, H., & Karneli, Y. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2).
Statiska. (2021). Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar Tiktok di Dunia pada 2020. Databoks.katadata.co.id. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/29/indonesia-jadi-pasar-kedua-terbesar-Tiktok -di-dunia-pada-2020.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Syukur, Y, Neviyarni, & Zahri. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto: IRDH.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan
keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).
Yulfitri, Marjohan& Sano. (2014). Konformitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan
Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.Jurnal Konseling dan Pendidikan. 2
(1)
DOI: 10.24036/0762cic
Article Metrics
Abstract View : 470 timesPDF : 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tari Yulanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.