Gambaran Happiness Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi

Angraini Nurul Fadila(1*), Rezki Hariko(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Proses penyusunan skripsi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ini sering diiringi oleh tingkat stres yang tinggi, karena mahasiswa dihadapkan pada tuntutan akademik yang ketat. Salah satu faktor yang berpotensi membantu mahasiswa mengatasi stres dengan meningkatkan kebahagiaan. Tingkat stres yang tinggi dapat berdampak negatif pada kebahagiaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat memitigasi dampak negatif. Data menunjukan bahwa kondisi ketidakbahagiaan marak terjadi dikalangan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebahagiaan mahasiswa FIP UNP yang sedang menyusun skripsi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden penelitian adalah mahasiswa FIP UNP yang sedang menyusun skripsi semester januari-juni 2023 sebanyak 291 mahasiswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala kebahgaiaan mahasiswa yang disusun berpedoman pada model skala likert. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kebahagiaan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi berada pada kategori tinggi. Artinya, mahasiswa FIP UNP yang sedang menyusun skripsi memiliki kondisi kebhagiaan yang baik. Pembahasan fokus pada aspek-aspek kebahagiaan dan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling.


References

Afsari, N. (2018). Whatsapp Cooperative Learning: Metode Pembelajaran Campuran Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Menulis.

Alvionita, F., Damayanti, R., & Yulianti, I. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Strategi Coping Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. ANFUSINA: Journal of Psychology, 5(2), 185-196.

Carr, A. (2004). Positive Psychology. USA and Canada by Brunner-Routledge.

Carr, A. (2013). Positive psychology: The science of kebahagiaanand human strengths. London: Routledge.

Diener, E., Wirtz, D., Tov, W., Kim, P. C., Choi, D., Oishi, S., & Biswas, D. R. (2009). New Measures of Well-Being: Flourishing and Positive and Negative Feelings. Social Indicators Research, 39, 247–266.

Diener, E., & Tay, L. (2016). New frontiers: societal measures of subjective well- being for input to policy. Handbook of Research Methods and Applications in Kebahagiaan and Quality of Life, 35–52.

Fadillah, R. E. A. (2013). Stres dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo, 1(3), 148–156.

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi literatur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 118-123

Helliwell, J. F., Huang, H., & Wang, S. (2019). Changing world happiness. World Kebahagiaan Report, 11–46

Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Burnout pada Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi The, 4(1), 11.

Putra, A. H., & Hariko, R. (2023). Studi Deskriptif Kebahagiaan pada Mahasiswa Baru. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 57-62.

Solehah, H. Y., & Solichah, N. (2021). Pengaruh Altruisme terhadap Kebahagiaan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1(01).

Sholihah, A., Sulian, I., & Mishbahuddin, A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Bermain Peran Terhadap Self Esteem Mahasiswa Semester III Prodi Bimbingan dan Konseling. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 208–218.

Wahyuni, I. (2018). Pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi diri pada Guru Sekolah Dasar Swasta di Jakarta Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

White, P. N. (2006). A Brief History of Happiness. Oxford: Blackwell Publishing.

Yunus, Wan Mohd. W. M. A., Badri, S. K. Z., Panatik, S. A., & Mukhtar, F. (2021). The Unprecedented Movement Control Order (Lockdown) and Factors Associated with the Negative Emotional Symptoms, Happiness, and Work-Life Balance of Malaysian University Students During The Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. Frontiers in psychiatry, 11, 566221.

Zuchrufia, A. R. (2013). Pengaruh Menonton Film Drama Komedi Korea terhadap Emosi Positif pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0812cic
10.24036/0812cic

Article Metrics

Abstract View : 196 times
PDF : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Angraini Nurul Fadila, Rezki Hariko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.