Hubungan Kecanduan Game Online dengan Sikap Apatis dengan Lingkungan Sosial Peserta Didik SMP Pembangunan Labor UNP

Irfan Ath'thariq(1*), Neviyarni S.(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Dewasa ini, peserta didik masih banyak yang memiliki cara berfikir yang tertinggal, seperti lebih medahulukan kepentingan pribadi tanpa memperdulikan keadaan dan kondisi di sekitarnya. Hal ini bisa disebut dengan sikap apatis pada lingkungan sosial. Pada peserta didik sikap apatis pada lingkungan sosial dapat disebabkan oleh kecanduan game online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kecanduan game online dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik serta implikasi dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian  terdiri dari 114 sampel peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, kemudian untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis korelasi tata jenjang dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) kategori terbesar kecanduan game online maupun sikap apatis pada lingkungan sosial yang dialami peserta didik sama-sama berada pada kategori sedang. (2) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecanduan game online dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik SMP Pembangunan Labor UNP dengan tingkat hubungan kedua variabel tersebut berada dalam kategori korelasi rendah.


References

Abdi, S., dan Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling

Individual. Guidance, 17(02), 9-20

Alma, Buchari. (2010). Pembelajaran Studi Social. Bandung: Alfabeta.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Carlo, G. (2014). The Development and Correlates of Prosocial Moral Behaviors. In M. Killen

& J. G. Smetana (Eds.), Handbook of Moral Development (2nd ed., pp. 208–234). New

York: Psychology Press.

Fitri, Emria, Lira Erwinda, dan Ifdil Ifdil. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan

Dampaknya Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan

dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(2): 211–19

Handayani, Puji Gusri, dan Hafiz Hidayat. (2017). "Pentingnya Pelaksanaan Home Visit oleh

Guru Bimbingan dan Konseling." Jambore Konselor, 3: 168-177.

Marcovitz, H. (2012). Online Gaming and Entertainment. San Diego CA: Reference Point Press.

Marlina, Eni dan Kusumaningtyas Lydia Ersta. (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal

Menggunakan Media Film terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 7

Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling

Unisri Surakarta, 4(2).

Novrialdy, Eryzal. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan

Pencegahannya. Jurnal Buletin Psikologi, 27(2), 148 – 158.

Pratama, Bangkit Ary dan Anom Parmadi. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media

Sosial dengan Kecenderungan Sikap Apatis terhadap Lingkungan Sekitar Pada Siswa

SMP N 1 Sukoharjo, Kec/Kab Sukoharjo, Jawa Tengah. Indonesian Journal On Medical

Science, 6(1), 51-56

Primayuni, S., & Neviyarni, N. (2020). Effectiveness of Group Guidance Services Using Self-

Management Techniques to Prevent Addiction to Online Game Use (In SMA Negeri 2

Sungai Limau). Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Sandy, T. A. dan Hidayat, W. N. (2019). Game Mobile Learning. Malang: Multimedia Edukasi.

Sarfaraz, Ayesha, Shehla Ahmed, Ayesha Khalid, dan Asir Ajmal. (2012). “Reasons for

Political Interest and Apathy among University Students: A Qualitative Study.”

Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 10(1): 61–67.

Stewart, S. H., Zack, M., Collins, P., Klein, R. M., & Fragopoulos, F. (2008). Subtyping

Pathological Gamblers on the Basis of Affective Motivations for Gambling: Relations

to Gambling Problems, Drinking Problems, and Affective Motivations for Drinking.

Psychology of Addictive Behaviors, 22(2), 257-268.

Trilling, B. Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning For Life In Our Times. San Francisco:

Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Son, Inc.

Trisnowati, Dewi, Anna Rufaidah, dan Nina Mardiana. (2021) "Mengatasi Perilaku

Kecanduan Game Online melalui Layanan Bimbingan Kelompok." Cakrawala Ilmiah

Mahasiswa, 1.1 17-24.

Wan, S.C. dan Chiou, W.B. (2006). Why Are Adolescents Addicted to Online Gaming?. An

Interview Study in Taiwan. Journal of Cyber Psychology & Behavior. Vol. 9. No. 6.




Article Metrics

Abstract View : 60 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irfan Ath'thariq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.