Analisis Penyelenggaraan BK Terhadap Siswa SMPN di Kecamatan Mandau Sebagai Upaya Meminimalisir Perilaku Agresif

Annisa Putri(1*), Rezki Hariko(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Sebagai seorang remaja, siswa mengalami proses perkembangan ke arah pendewasaan diri. Dalam proses pendewasaan diri siswa terkadang muncul perilaku saling mencemooh dengan kata-kata kotor, bahkan terdapat siswa yang menyerang dengan fisik, perilaku seperti ini dikategorikan sebagai perilaku agresif. Menghadapi fenomena yang terjadi, selain melakukan kegiatan belajar mengajar, pada jenjang SMP juga terdapat layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa, dengan layanan bimbingan yang tepat diharapkan siswa dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran program layanan BK, jenis layanan yang digunakan serta pelaksanaan layanan BK terhadap siswa SMPN sebagai upaya meminimalisir perilaku agresif siswa di Kecamatan Mandau. Penelitian menggunakan teknik kualitatif deskriptif, dengan desain penelitian fenomenologi. Setting penelitian di SMPN Kecamatan Mandau. Penetapan subjek penelitian dan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, dan studi dokumen. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman sehingga memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan, guru BK memiliki serta telah melaksanakan program untuk meminimalisir perilaku agresif  siswa SMPN di Kecamatan Mandau.


References

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Baron & Branscombe. 2012. Social Psychology. Boston: Pearson Education.

Baumeister & Bushman. 2014. Sosial Psychology and Human Nature. Belmont, CA, United States: Cengage Learning.

Bres. 2022, November 21. Bikin Malu, Dua Pelajar Adu Jotos di Duri ditonton Puluhan Orang Berseragam Sekolah! Diakses dari https://centralnews.id/bikin-malu-dua-pelajar-adu-jotos-di-duri-ditonton-puluhan-orang-berseragam-sekolah/

Bres. 2023, Januari 21. Balap Liar di Duri Berujung Laka, Dua Kubu Nyaris Bentrok! Diakses dari https://centralnews.id/balap-liar-di-duri-berujung-laka-dua-kubu-nyaris-bentrok/

Chaplin, J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Faturrocman. 2006. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pusta.

Ikhwani, F. R., & Syukur, Yarmis. 2022. Analisis Proses Pelaksanaan Layanan Konseling Individual pada Perilaku Agresif di MTsN 6 Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia.

Karneli, Yeni., Firman. Netrawati. 2018. Upaya Guru BK/ Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol, 18(2).

Miles, M. B & Huberman, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Restu, Yoshi. Yusri. 2013. Studi tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol, 2 (1). Hlm, 243-249.

Salahuddin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sarwono. 1997. Psikologi Sosial, Jakarta: Balai Pustaka.

Sofyan S. Willis. 2014. Konseling Individual. Bandung.

Taylor, Sheeley E. Peplau, & Letitia Anne Sears. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana. Edisi. 12.

Tentama, F. 2012. Perilaku Anak Agresif: Asesmen dan Intervensinya. Jurnal Kes Mas. Vol, 6 (2).

Thomas Santoso. 2002. Teori-Teori Kekerasan. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Zulaiha. Husein, M. Bakar, Abu. 2019. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Agresif pada Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol, 4(1).




DOI: 10.24036/0894cic
10.24036/0894cic

Article Metrics

Abstract View : 10 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Putri, Rezki Hariko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.