Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas

Sthevani Yofadrin(1*), Rezki Hariko(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masi banyaknya siswa yang menunda-nunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas akademik, menyerahkan tugas melewati batas waktu, banyaknya tugas yang harus dikerjakan sehingga malas untuk mengerjakannya, menunda untuk membaca bahan pelajaran, malas untuk membuat catatan, terlambat masuk kelas dan cenderung lebih suka belajar pada malam terakhir menjelang ujian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Responden penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Padang dengan jumlah sampel 53 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang.

References

Referensi

Agustiah, D. (2020). Dampak Pengguna Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol.4:2 .

Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa: Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1),15-22.

Apriliaty, E. (2012). Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Wirausaha dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Rumpun Pertanian di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Asri, D. (2018). Prokrastinasi Akademik: Teori dan Riset Dalam Perspektif pembelajaran berbasis Proses Self Regulated Learning. Madiun Jawa Timur: UNIPMA Press.

Damayanti, N. 2012. Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Araska

Daulay, N. (2014). Perilaku Penundaan Pada Mahasiswa BKI FITK IAIN SU Yang Sedang Menyusun Skripsi, Medan: FITK IAIN SU.

Ferrari. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. Newyork: Plenum Press.

Firman & Elke Misyarah. (2019). Media Permainan Ular tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 4(1).

Fithri & Afifatus. (2019). Hubungan antara Kecanduan Gadget dengan Prokrastinasi Akademik. Triadik. 18. (1).

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 118-123).

Hariko, R. (2017). Pengembangan Perilaku Prososial Siwa Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Seminar Konseling.

Ilyas, M, dkk. 2017. Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu Boarding School Abu Bakar. Yogyakarta: Jurnal Pemikiran Islam, 41 (1), 72.

Jamila. (2020). Konsep Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurrnal EduTech. 6(2).

Marini, R. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Lampung Tengah. Skripsi.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik di kalangan mahasiswa Program Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8(1).

Nitami, D. Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4-1.

Oktavia, Y., & Netrawati. (2019). Relationship of Emotional Intelligence with Learning Outcome of Student in SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Neo Konseling. 1(4).

Prayitno & Erman Amti. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Prayitno, (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: BK FIP UNP.

Risnawati, G. &. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Riyanti Imron. (2017). Hubungan Penggunaan Gadjet dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan. 12(2).

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3 (2).

Soloman, L. J., & Rothblom, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. Vol. 31 (4).

Warni, E. S., & Firman, F. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Peningkatan Self Regulated Learning Siswa Pengguna Game Online. Jurnal Neo Konseling, 2(3).




DOI: 10.24036/0898cic
10.24036/0898cic

Article Metrics

Abstract View : 79 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sthevani Yofadrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.