Manajemen Diri Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Fakultas Teknik

Agil Magri Azizil(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya di Universitas Negeri Padang bagi mahasiswa tahun masuk 2017, 2018, 2019 semester Juli-Desember 2023 pada Fakultas Teknik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen diri ditinjau dari aspek motivasi diri, penyusunan diri, pengendalian diri, pengembangan diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa tahun masuk 2017, 2018, 2019. Sampel pada penelitian ini adalah 290 mahasiswa dengan menggunakan proposionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Manajemen diri mahasiswa fakultas teknik yang belum menyelesaikan studi berdasarkan aspek motivasi diri berada pada kategori rendah (78,3%), (2) Manajemen diri mahasiswa fakultas teknik yang belum menyelesaikan studi berdasarkan aspek pengaturan diri berada pada kategori rendah (84,1%), (3) Manajemen diri mahasiswa fakultas teknik yang belum menyelesaikan studi berdasarkan aspek pengendalian diri berada pada kategori rendah (80,3%), (4) Manajemen diri mahasiswa fakultas teknik yang belum menyelesaikan studi berdasarkan aspek pengembangan diri berada pada kategori rendah (70%).


References

Afrizal Sano, Ifdil. (2016). Self Regulated Learning Dilihat dari Hasil Belajar. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Volume 2 Nomor 1

Agustian, Winda Yola, Firman, and Zikra. (2017). “Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa.” Artikel Ilmiah 1(1):1– 10

Amir, H. (2016). Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).

Apriyanti, M. E. (2020). Pentingnya Manajemen Diri Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(1), 14-24.

Gie, The Liang. (2000). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Harahap, Ade Chita Putri, Neviyarni, and Daharnis. (2018). “Hubungan Antara Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Self Regulated Learning Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Ansiru Pai 3(1):46–62.

Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1).

Koto, Trisno, and Herman Nirwana. (2019). “Perbedaan Pengaturan Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Pria Dan Wanita.” Artikel Ilmiah 1–12.

Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84-89.

Syafni, E., Syukur, Y., & Ibrahim, I. (2013). Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Konselor, 2(2).

Syahrin, M. A., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Penerapan layanan penguasaan konten untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 69-75.

Yanti, S., Erlamsyah, E., Zikra, Z., & Ardi, Z. (2013). Hubungan antara kecemasan dalam belajar dengan motivasi belajar siswa. Konselor, 2(1).

Yulianti, Putri, Afrizal Sano, and Ifdil. (2016). “Self Regulated Learning Siswa Dilihat Dari Hasil Belajar.” Jurnal Educatio Jurnal Pendidikan Indonesia 2(April):98–102.




DOI: 10.24036/0908cic
10.24036/0908cic

Article Metrics

Abstract View : 12 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agil Magri Azizil _, Yarmis Syukur -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.