Analisis Keputusan Karir Pada Wisudawan

Tri Yessa(1*), Afdal Afdal(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Keputusan karir merupakan suatu proses memilih antara dua atau lebih alternatif tindakan yang mengarah pada pilihan profesi dan pekerjaan tertentu dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis keputusan karir wisudawan FIP UNP. Keputusan karir dapat dilihat dari empat aspek dan dilihat dari jenis kelamin, yaitu: 1) eksplorasi karir kategori sesuai  2) kristalisasi karir kategori tidak sesuai 3) pemilihan karir kategori sesuai 4) klarifikasi karir kategori sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk tindakan keputusan karir wisudawan. metode penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 97 wisudawan FIP UNP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan karir pada wisudawan secaa keseluruhan berada pada kategori tidak sesuai dengan presentase 44,33%, dan dilihat dari aspek dan jenis kelamin. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang diberikan untuk meningkatkan keputusan karir wisudawan yaitu layananan formasi, konseling individu dan bimbingan kelompok.

References

Agung. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: UIN.

A.Muri Yusuf. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group..

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basrowi&Suwardi. (2009). Memahami Proses Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyah, L. dan M. J. (2014). Pengantar Psikologi Umum (E. K. Ersaelia (ed.); Edisi Pert). Jakarta: Prestai Pustakarya.

Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2016). Perbedaan aspirasi kariersiswa ditinjau dari jenis kelamin, jurusan, dan tingkat pendidikanorangtua serta implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dankonseling. Konselor,5(3), 160-171.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartinah, Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Horrocks, J. E. (1976). The Psychology of Adolescence, Behavior and Development. Boston: Houghton Mifflin Company.

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) (Ridwan Max Sijabat (ed.); Kelima). Erlangga.

Munandir. (1996). Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis dan Karya Ilmiah. Jakarta : Prenamedia.

Nazir. Mohammad, P. (2011). Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo.

Sumanto. (2014). Psikologi Perkembangan: Fungsi dan Teori (Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sudijono. (2017). Pengantar Statistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutja.A. (20017). Penulisan Skripsi untuk prodi bimbingan dan konseling.Program studi bimbingan dan konseling. FKIP: Universitas Jambi.

Saputra, H. R., Alizamar, & Afdal. (2020). Relationship of Confidence Academic Procrastination of Middle School Students and Its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 1–10.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukandar. (2006). Metode Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supranto. (2005). Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsu, Ibnu. (2000). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, M. B. (2015). Belajar: Proses Membangun Kemampuan Untuk Mengendalikan Masa Depan Dengan Baik. Share : Social Work Journal,5(2),167–174.

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta :Andi Yogyakarta.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Rosdaskarya.

Zahri, Triave Nuzila, Neviyarni S, Marjohan dan Afdal. (2022). Counseling Services in Preventing Early Marriage. Jurnal Neo Konseling 4(1): 12-15.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0925cic
10.24036/0925cic

Article Metrics

Abstract View : 21 times
PDF : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 tri yessa, afdal afdal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.