Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Imitasi Pengguna Media Sosial TikTok Siswa SMPN 1 Lembah Gumanti

Nindi Oktaviana(1*), Zadrian Ardi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Di zaman yang semakin canggih aplikasi TikTok merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan interaksi sosialnya dan menjadikan sosial media sebagai layanan yang sering diakses dan melakukan peniruan atau imitasi pada konten trend dan viral yang ada di TikTok.Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku imitasi adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kontrol diri dengan perilaku imitasi pengguna media sosial TikTok siswa SMPN 1 Lembah Gumanti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskripstif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 499 siswa siswa dengan sampel sebanyak 223 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket kontrol diri dan angket perilaku imitasi pengguna media sosial TikTok. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk menguji hubungan melalui program statistik SPSS for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa rata-rata skor capaian kontrol diri siswa adalah 77,73 (47,10%) dan rata-rata skor capaian perilaku imitasi adalah 101,82 (61,70%) Dapat disimpulkan bahwa nilai hitung antara variabel kontrol diri dengan perilaku imitasi sebesar -0,265 dengan taraf signifikansi 0,000 pada tingkat hubungan yang lemah. Hubungan negatif signifikan artinya semakin tinggi kontrol diri semakin rendah perilaku imitasi begitupun sebaliknya

References

Bandura, A. (1971). Social Learning Theory. New York : General Learning Press.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Raja Grafindo.

Dewi, C. M., Putri, A, S., Zamzam, Nugraha, M. P.,& Haq. (2021). Kepercayaan Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi: Studi Korelasi, 29(2).

Fhadila, K. D. (2017). Menyikapi Perubahan Perilaku Remaja. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 16-23.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2).

Hakim, R. M., & Fatoni, A. (2020). Pengaruh Terpaan Media Sosial Youtube dan Interaksi Antarsosial terhadap Perilaku Imitasi Remaja Putri. SCRIPUTURA, 10(1), 15-23.

Mansur, Herawati. (2009). Psikologi Ibu dan Anak Untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Nasution, I. K. (2007). Perilaku Merokok Pada Remaja. Medan: USU Respiratory.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1-12.

Perrin, A. (2015). Use Social Networking Sites Report. Pew Research Center, October, 2005-2015.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Steinberg, Lawrence. (2002). Adolenscence. Sixth edition. New York : Hill Inc.

Sugiarto, S., Neviyarni, S., & Firman, F. (2021). Peran Penting Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Bimbingan Konseling di Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 60-66.

Thalib, B. S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana.

Tohiroh, gutji, N., & Sekonda, F.A. (2022). Efektivitas Teknik Self Control dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan

Vazsonyi, A T. & Huang, L. (2010). Where Self Control Comes From :On The Development Of Self Control And Is Relationship To Deviance Obimo ver Time, 46(1), 245-257.

Yuniarsih & Suwanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Zarniati, Z., Alizamar, A., & Zikra, Z. (2016). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik. Konselor, 3(1), 12-16.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0930cic
10.24036/0930cic

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nindi Oktaviana, Zadrian Ardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.