Tingkat Kepuasan Mahasiswa Mengikuti Konseling Individual di Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP

Nia Anggraini(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Universetas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling (PLBK) UNP memegang peran penting dalam membantu mahasiswa mencari jalan keluar atas permasalahan yang dialami. Bantuan yang telah diberikan oleh konselor melalui PLBK pada saat ini dapat dilihat baik, namun ada beberapa mahasiswa yang telah mengikuti konseling individual kurang terbuka menceritakan permasalahannya karena merasa ruang konseling yang kurang kedap suara dan mahasiswa kurang termotivasi mengikuti layanan karena jadwal konseling yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikam tingkat kepuasan mahasiswa mengikuti konseling individual di PLBK UNP. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa yang telah mengikuti konseling individual di PLBK UNP pada tahun 2020 hingga 2022 yang berjumlah 321 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 150 mahasiswa. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan tingkat kepuasan mahasiswa mengikuti konseling individual kebanyakan  berada pada kategori sangat puas dan ditinjau berdasarkan: 1) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek reliability (kehandalan) berada pada kategori puas, 2) tingkat kepuasan mahasiswa dilihat dari aspek responsiveness (daya tanggap) berada pada kategori sangat puas, 3) tingkat kepuasan mahasiswa dilihat dari aspek assurance (jaminan) berada pada kategori puas, 4) tingkat kepuasan mahasiswa dilihat dari aspek emphaty (empati) berada pada kategori sangat puas, 5) tingkat kepuasan mahasiswa dilihat dari aspek tangibles (bukti fisik) berada pada kategori puas.

Keywords: Tingkat Kepuasan, Konseling Individual. 


References

Amalia, Retno Ficky, dkk. 2016. Kepuasan Siswa terhadap Layanan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).

Cania, Lita Fitara, Mudjiran, & Dina Sukma. 2023. Kesiapan Dan Sikap Konselor Untuk Menjalin Hubungan Pada Klien Dalam Melakukan Proses Konseling Dan Psikoterapi Yang Profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial. UNP, 2(2).

Darussyamsu, R., Suhaili, N., Mudjiran., & Nirwana, H. 2021. Pentingnya Pelayanan Bimbingan Dan Konseling di Pendidikan Tinggi; Perspektif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Perspektif Pendidikan. 15(1).

Hadi, M. Fahli Zatra, A. Muri Yusuf, & Syahniar. 2013. Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa Dan Layanan yang Diberikan. Jurnal Ilmiah Konseling. Bimbingan dan konseling. UNP, (2)1.

Mudjijanti, Fransisca. 2022. Kepuasan Siswa Atas Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kualitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smk Pgri Wonoasri Kabupaten Madiun. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(2).

Nursyamsi. 2017. Kepribadian Konselor Efektif. Jurnal. UIN Imam Bonjol.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmawati, Indah. 2011. Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Makalah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Syukur, Y., Zahri, T.N.,& Putra, A.H. 2023. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Syukur, Yarmis, dkk. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH

Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.




DOI: 10.24036/0931cic
10.24036/0931cic

Article Metrics

Abstract View : 35 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nia Anggraini, Yarmis Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.