Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Format Klasikal

Agus Sutiono(1*), Neviyarni S(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dijalin antara individu satu dengan individu yang lain. Apabila interaksi sosial rendah maka akan kesulitan dalam berinteraksi. Siswa yang kesulitan berinteraksi sosial akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Namun di lingkungan sekolah interaksi sosial siswa masih kurang dengan teman sebayanya. Siswa masih kurang bergaul dengan yang lain, acuh tak acuh, kurang kompak dalam kegiatan, sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi kelompok, suka membuat keributan, masih suka menyendiri dan sulit bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan format klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Padang, menggunakan purposive sampling dan didapatkan sample kelas XI F-9 dan XI F-11. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan Man Whitney U 2 Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Sehingga teknik role playing dikatakan efektif terhadap peningkatan interaksi sosial siswa di SMAN 1 Padang. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan teknik role playing dengan format klasikal untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.

References

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. Konselor, 1(2).

Bali, M. M. E. I., & Naim, A. (2020). Tipologi Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 47–62. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V4i1.1157

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Fitriyani, S. (2022). Meningkatkan Sikap Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Di Mts Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan. I–63.

Fernanda, M. M., & Sano, A. (2012). Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Konselor, 1(2).

Gillin, J.L & J.P. Gillin. (1954). Cultural Sociology. New York: The Mac Millan Co.

Hummaira. (2019). Penerapan Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 1-82.

Maharani, R., S, Neviyarni., & Effendi, Z. M. (2020). Role Playing In An Effort To Reduce Academic Procrastination For College Students. Psychocentrum Review, 2(2), 77–86. Https://Doi.Org/10.26539/Pcr.22386

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. Https://Siducat.Org/Index.Php/Ghaitsa/Article/View/188

Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurfirdaus, & Risnawati. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di Sdn 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas,4(1),42. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Lensapendas/Article/Download/486/339/

Nurhasanah, N., S., Neviyarni., & Effendi, Z. M. (2019). The Effectiveness Of Group Counseling With Role-Playing Techniques To Increase Student Empathy. International Journal Of Applied Counseling And Social Sciences, 1(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24036/005304ijaccs

Rizal, S. D. R., & Rahmi, A. (2022). Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Man 2 Bukittinggi. 6, 10725–10733.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V7i01.209

Sholichah, A. (2021). Efektivitas Bimbingan Klasikal Dengan Menggunakan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di Mts Qudsiyyah Putri Kudus (Skripsi, Iain Kudus).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24036/0939cic
10.24036/0939cic

Article Metrics

Abstract View : 30 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Sutiono, Neviyarni S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.