Hubungan Self Efficacy dengan Stres Akademik Siswa SMA

Dea Yendria Permatasari(1*), Afrizal Sano(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami keyakinan diri yang rendah dalam mengahadapi berbagai tuntutan pembelajaran sehingga berpotensi mengalami stres akademik. Siswa yang tidak memiliki keyakinan terhadap kemampuan yang dimilki untuk menghadapi situasi dapat mempersepsikan tekanan dalam taraf apapun sebagai hal yang menekan. Salah satu factor yang diduga mempengaruhinya adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self efficacy siswa di SMAN 6 Padang, (2) mendeskripsikan stres akademik siswa di SMAN 6 Padang, (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan stres akademik siswa di SMAN 6 Padang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) self efficacy siswa berada pada kategori sedang, (2) stres akademik siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan stres akademik siswa dengan indeks korelasi -0,393 pada tingkat hubungan yang lemah.

Keywords: Self Efficacy, Stres Akademik



References

Bandura, Albert. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Bangun, G. E. S. (2011). Perbedaan Self Directed Learning Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Yayasan Dharma Bakti Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara

Barseli, M, Ifdil, Nikmarijal. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 5(3) : 143-148.

Fitria, L., Ifdil, I., & Barseli, M. (2020). Stres Akademik Akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 5(2): 95-99.

John W, Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga

Maryati, I. (2008). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (SelfEfficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiah Surakarta.

Nurfarhanah, Erlamsyah, & Hardianto, G (2014). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor. 3(1):22-27.

Pratiwi, C., Neviyarni, & Solfema. (2018). Cotribution Self Efficacy and Independen Learning Math Toward Students’ Mathematics Learning Outcomes. In International Conferencec on Educational. Social Sciences and Technology, 674-678.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43-52.

Taufik, T., Ifdil. I., & Ardi. Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.

Sarafino, E.P., & Smith, T. W. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interaction, 7th edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Sukmawati, I., Ifdil., Antoni, F., Tririzky, R., Yendi. 2021. An Alternative Effective Tool for Reduction of Academic Stress?. Psychology and Education. 58(1): 4133-4139.

Yenti, F., & Sano, A. (2021). Akademis Stress Coping of Padang City State Madrasah Aliyah Students. Jurnal Neo Konseling. 3(1): 68-72.

Yusuf, M. N., Yusuf, J. M. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal 13(2), 235-239.




DOI: 10.24036/0965cic
10.24036/0965cic

Article Metrics

Abstract View : 52 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dea Yendria Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.