Gambaran psychological well-being peserta didik korban cyberbullying
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Hana, D. R., & Suwarti. (2019). Dampak Psikologis Peserta Didik yang Menjadi Korban Cyberbullying. Jurnal Prosiding Berkala Psikologi, 1(1), 20-28.
Hariko, R. (2018). Are High School Student Motivated to Attend? COUNS-EDU: The International Journal of Counseling of Educatian, 3(1), 14-21.
Hariko, R & Ifdil, I. (2017). Analisis Kritis Terhadap Model Kipas: Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(2), 109-117.
Ifdil, Sari, I. P., & Putri V. N. (2020). Pshychological Well-Being Remaja dari Keluarga Broken Home. Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 35-44.
Khairani, A., & Sukmawati, I. (2023). Perbedaan Kontrol Diri Siswa dalam Penggunnaan Smartphone Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal Counseling & Humanities Revier, 3(1), 31-38.
Makhmudah, S. (2019). Medsos dan Dampaknya Pada Perilaku Keagamaan Remaja. Jawa Barat: Gue Pedia.
Marneta, A. L., & Sukmawati, I. (2021). The Tendency Of Cyberbullying Behavior in Tems Of Gender Of Student. Journal Consilium. http://doi.org/10.24036/0406cons.
Mutia, A, T., & Sukmawati, I. (2019). Relationship Between Peer Pressure and Self Esteem in Adolescents. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1-8.
Natalia, E. C. (2016). Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(2), 119-139.
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Prayitno. (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP. Padang: BK FIP IKIP.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang: UNP.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbigan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Pondia, H. (2014). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga.
Putri, S. R. P., Nurwati, N., & Budiarti, N. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Prosiding KS: Riset & PKM, 3(1), 47-51.
Ruliyatin, E. & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyberbullying Pada Pribadi Siswa dan Penanggulangannya di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(01), 1-5.
Ryff, C. D. (1989). Happiness is Everything, or is it? Exploration on The Meaning Of Pshychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 6 (57, 1069-1081.
Ryff, C. D & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 96(4), 719-727.
Sam, D. L., Bruce, D., Agyemang, C. B., Amponsah, B., & Arkoful, H. (2017). Cyberbullying Victimiation among High School ana University Student in Ghana. Deviant Behavior. 1-17.
Soma, Y. M., & Karneli, Y. (2020). Penerapan Teknik Art Therapy Untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Terhadap Korban Cyberbullying. Indonesian Journal Of School Counselig, 5(2), 67-71.
Sugiyo, Muslikah, Antika, E., R., & Sutikno, U., G. (2019). Profil Psychological Well-Being pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Proceeding of International Conference on Islamic Education, 4(2), 116-120.
Sukmawati, I., Neviyarni, Syukur, Y., & Said, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Dinamika Kelompok dalam Perkuliahan Pengajaran Psikologi dan Bimbingan Konseling (PPBK). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 10-18.
Sukmawati, I., Neviyarni, N., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2019). Penilaian dalam Konseling Kelompok Gestalt. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1), 40-43.
Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T., N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH Book Publisher.
Taufik. (2013). Pengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 91-99.
Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and Cyberthreats. Champaign: Research Press.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24036/0976cic
Article Metrics
Abstract View : 57 timesPDF : 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yeli Dwi Putri, Indah Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.