Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi

Hazel Abdussalam(1), Lisa Putriani(2*), Afdal Afdal(3), Nurfarhanah Nurfarhanah(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Selama penyusunan skripsi, mahasiswa dihadapkan pada masalah-masalah yang dapat menghambat proses penyelesaian skripsi. Hal ini maka disebabkan oleh ketidakmampuan mahasiswa merangkai kata, kesulitan menentukan topik penelitian dan kesulitan lainnya sehingga munculnya ketidakpercayaan diri yang memperlambat proses penyelesaian skripsi. Keyakinan yang dimiliki seseorang dalam melakukan sesuatu atau kemampuan menghadapi kendala yang dalam hal ini biasanya disebut self efficacy. Salah satu faktor yang mempengaruhi self efficacy mahasiswa yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan sosial teman sebaya dan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi serta hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi. Jumlah populasi penelitian adalah 200 orang mahasiswa departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP yang sedang menyelesaikan skripsi dan sampel penelitian adalah 68 orang mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket model skala likert dengan penyebaran angket online menggunakan google formulir. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum mahasiswa departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP mendapatkan dukungan sosial teman sebaya yang tinggi dengan persentase 63,08% (2) secara umum mahasiswa departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP memiliki self efficacy dalam menyelesaikan skripsi yang tinggi dengan persentase 54,62%, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi dengan rhitung sebesar 0,414. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, dengan besar korelasi 0,414 yang berarti memiliki tingkat korelasi cukup kuat.


References

Astiko, Gema Agung. (2013). “Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi”. Jurnal Penelitian Psikologi Vol 1 No 2 (2013).

Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and company.

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Edli, H., & Mudjiran, M. (2015).”Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling”. Konselor, 4(1), 26-32.

Firman. (2019). Srategi dan Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Fitri, N. F., & Firman, F. (2020). The Relationship of Academic Anxiety with Self Efficacy. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Ghufron Nur & Rini Risnawita. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ifdil, I., Apriani, R., & Yendi, F. M., & Rangka, I. B. (2016). “Level of students self-efficacy based ongender”. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education,1(1), 29-23.

Johanda, Monasari., Yenni Karneli., Zadrian Ardi. (2017). “Self efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di smp negeri 1 ampek angkek”.Jurnal Neo Konseling. 1 (1).1-5.

Master. (2012). Kendala Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi sumber:. http://staff.unila.ac.id. Diakses tanggal 20 November 2020.

Mukhid. (2009). self-efficacy (perspektif teori kognitif sosial dan implikasinya terhadap pendidikan). Jurnal Pendidikan Islam Tadrîs. Vol 4. No 106-122.

Pratiwi, Desi. Eka., & Roosyanti, Anna. (2019). Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 101-114.

Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan oleh Guru BK dengan Minat Siswa untuk Mengikuti Konseling Perorangan. Konselor, 2(1), 347–353.

Sarafino, Edward P . (2002). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, Fourth Edition. New Jersey: HN Wiley.

Sivandani, Asma, Koohbanani Ebrahimi, & Taghi Vahidi. (2013). The Relation Between Social Support and Self-efficacy with Academic Achievement and School Satisfaction among Female Junior High School Students in Birjand. Procedia - Social and Behavioral Sciences 78 275 – 279.

Smet, Bart. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia.

Syukur Yarmis, Neviyarni, Triave Nuzila Zahari. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018).”Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat”. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Ulandari Juwita & Asmidir Ilyas. 2021. “The Relationship of Self Efficacy with Assignment Skills”. Jurnal Neo Konseling, Vol (3)

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109.

Yuri, Nabila Permata. & Frischa Meivilona Yendi. (2020). The Relationship of Peer Social Support with Academic Self Efficacy. Jurnal Neo Konseling, 2(3).




DOI: 10.24036/0984cic
10.24036/0984cic

Article Metrics

Abstract View : 60 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hazel - Abdussalam, Lisa - Putriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.