Efektivitas Layanan Informasi dengan Format Klasikal Menggunakan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa SMA Negeri 10 Padang
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Self-efficacy akademik menjadi salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Seseorang yang memiliki self-efficacy akademik yang baik, akan merasa dirinya selalu siap dan sigap dalam menuntaskan tugas-tugas akademiknya tanpa adanya keraguan tentang keadaan diri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat keefektifan pelaksanaan layanan informasi dengan format klasikal menggunakan metode small group discussion untuk meningkatkan self-efficacyakademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment rancangan The Non-Equivalent Control Group. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa Fase E SMA Negeri 10 Padang, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, kemudian didapatkan sampel kelas Fase E 4 dan Fase E 9. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner, selanjutnya dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, dan Mann U Whitney 2 Independent Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi dengan format klasikal menggunakan metode small group discussion efektif dalam meningkatkan self-efficacyakademik siswa. Secara khusus penggunaan metode ini meningkatkan self-efficacy akademik yang lebih baik.
References
Ahmad, R. (2017). Buku Ajar Konseling Klasikal. Sukabina Press.
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Atikah, D., & Netrawati. (2023). Hubungan Self-efficacy dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Saat Ujian di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Journal on Education, 05(03), 5776–5784.
Chitra, L., & Binuraj A. (2022). Predictive Efficiency Of Self Efficacy On Academic Resilience Of Secondary School Students. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 810–822.
Damri, Engkizar, & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Effiacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Escalera-Chávez, M. E., Rojas-Kramer, C. A., & García-Santillán, A. (2018). Self-efficacy in high-school students. Journal of Psychological and Educational Research JPER, 26(1), 40–50.
Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK program keahlian akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Freadman, H. (2006). Kepribadian : Teori Klasikal dan Riset Modern (F. Dian, Ed.). Erlangga.
Hardianto, G., Nurfarhanah, & Erlamsyah. (2014). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Konselor, 3(1).
Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2021). Self-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling , 00.
Karisma, S., Neviyarni, & Solfema. (2020). The Effectiveness of informational Services Through Small Group Discussion to Improve Students Tolerance Attitudes. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(2), 69–75.
Muharriami, C. (2022). Hubungan Self-Efficacy terhadap perilaku menyontek pada remajadi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Muzdallifah, P., Ketut, N., & Dewi R. (2022). Pengaruh layanan informasi karir terhadap self efficacy pada siswa kelas XI SMKN 3 Mataram. Jurnal Realita Bimbingan Dan Konseling (JRbk), 7(2).
Putri, R., Neviyarni, & Irianto, A. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Arah Perencanaan Karier Siswa SMK. 4(3).
Putriani, L., Handayuni, T. S., Putri, Y. E., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan mahasiswa teknik komputer dan jaringan dalam menghadapi ujian praktik kejuruan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 123.
Rahmi Fajrin, L., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Efektifitas Metode Pembelajran Small Group Disscusion (SGD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2).
Siriparp, T. (2015). Examining Self-efficacy and Achievement in an Educational Research Course. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1360–1364.
Sucitno, F., Sumarna, N., Priyatmo Silondae, D., & Studi Psikologi, P. (2020). Pengaruh self-efficacy terhadap motivasi belajar pada siswa the influence of self-efficacy on student motivation. Jurnal SUBLIMAPSI, 1(3).
Syafaruddin, Syarqawi, A., & Nadira, D. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling : Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Perdana Publishing.
Verma, M. A., & Bhandari, M. (2022). An insight into self-efficacy and its impact on students’ achievement-A Review. Journal of Positive School Psychology, 6(4), 2746–2752.
DOI: 10.24036/0985cic
Article Metrics
Abstract View : 17 timesPDF : 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Wahid, Neviyarni S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.