Hubungan Pengendalian Diri dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Kelas XI di SMKN 9 Padang
(1) Universitas Negeri Padang
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin canggih, terutama di bidang teknologi komunikasi salah satunya internet, dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif bagi penggunaanya. Salah satu dampak negatif adalah penggunaan internet yang berlebihan pada peserta didik. Hal ini bisa disebut dengan kecanduan internet. Pada peserta didik kecanduan internet dapat disebabkan karena rendahnya tingkat pengendalian diri pada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara pengendalian diri (self control) dengan kecanduan internet pada siswa kelas XI di SMKN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 458 siswa kelas XI dan sampel pada penelitian ini terdiri dari 228 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berskala yang dianalisis dengan persentase. Kemudian untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis korelasi dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian mengungkapkan (1) pengendalian diri berada pada kategori sedang dan kecanduan internet berada pada kategori tinggi. (2) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara pengendalian diri (self control) dengan kecanduan internet pada siswa kelas XI di SMKN 9 Padang dengan tingkat hubungan kedua variabel tersebut berada kategori sedang.
References
Anggraeni, M. L., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Hubungan Antara Self Kontrol Dan Internet Addiction Disorder Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 2(2), 131-139.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2012). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruzz Media.
Hariko, R. (2016). “Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur”. (Jurnal Konseling dan Pendidika), 4(2), 120.
Ifdil, I. (2010). Pendidikan Karakter dalam Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 55-61
Iranda, A. O., & Neviyarni. (2020). Self Control Improvement to Reduce The Addiction of Using Smartphone with Content Powering Services in The Students of SMAN 1 Sungai Limau. Jurnal Neo Konseling, 2(4), 2020. https://doi.org/10.24036/00252kons2020
.
Laili, M F., & Nuryono, W. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas 8 Smp Negeri 21 Surabaya. Jurnal BK, 5(1), 65–72.
Prayitno, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Qomariyah, A. N. (2013). Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan. Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja diPerkotaan,53(9),1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rifit, A. (2011). Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Behavior dalam Menangani Kasus Seorang Remaja yang Kecanduan Game Online di Desa Suko Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya
Saputra, H. R., Alizamar, & Afdal. (2020). Relationship of Confidence with Academic Procrastination of Middle School Students and Its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/00249kons2020
Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110–117. https://doi.org/10.29210/02018190
Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80-85.
Sukardi, D. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syukur, Y., Neviyarni, Zahri, T. N (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto: Cv IRDH.
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.
Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press
DOI: 10.24036/0987cic
Article Metrics
Abstract View : 9 timesPDF : 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Ayni Hidayah, Neviyarni S, Triave Nuzila Zahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.