Hubungan Altruisme dengan Social Loafing Siswa

Nadya Nurul Araya(1*), Daharnis Daharnis(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang bersikap pasif atau hanya memilih diam serta membiarkan orang lain untuk mengerjakan tugas lalu menumpang nama dan mendapatkan hasil yang sama ketika mengerjakan tugas kelompok. Salah satu faktor yang memengaruhi social loafing adalah altruisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi siswa SMAN 8 Padang sebanyak 965 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 306 siswa yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional Pearson Product Moment dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara altruisme dengan social loafing siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,767 dan signifikansi 0,000.  Implikasi hasil penelitian terhadap BK yaitu dengan memberikan layanan informasi, layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan kelompok.

References

Ardi, Z., Daharnis, Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in the Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.

Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa: Penilaian Berdasarkan Persepsi Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3 (1), 15-22.

Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 3(1), 13-22.

Isnaeni, N., Wibowo, M. E., & Mugiarso, H. (2018). Meningkatkan Perilaku Altruisme pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Konseling Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1).

Karau, S. J., & Williams, K. D. (1995). Social Loafing: Research Findings, Implications, and Future Directions. Current Directions in Psychological Science, 4(5), 134-140.

Mania, S., Nur, F., & Syahrir, H. A. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Peserta Didik yang Diberi Tugas Kelompok dengan Tugas Individu di Kelas IX MTS Madani Alauddinpaopao Kabupaten Gowa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 70-84.

Moazen J. M. H., Hassanzadeh, M. S., & Nasrabad, N. (2017). Investigating the Effect of Organizational Citizenship Behavior on Social Loafing (Case Study: General Directorate of Roads and Urban Development of Karaj). Organizational Culture Management, 15(4), 811-832.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial Edisi 10 Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Naila, I. (2021). Perilaku Social Loafing dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 136-141.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1-12.

Prahmana, R. (2021). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Social Loafing dalam Tugas Kelompok pada Siswa SMAN 15 Medan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Pratama, P. Y. S., & Wulanyani, N. M. S. (2018). Pengaruh Kuantitas, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, dan Perilaku Altruisme Anggota Kelompok Terhadap Social Loafing dalam Proses Diskusi Kelompok di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 197.

Putri, R., & Yusri. (2019). Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling. 1(2)

Ramadani, I. R. (2018). Peranan Guru BK dalam Meningkatkan Motif Altruistik Siswa di MTs Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rita, R., Mardhiyah, S. A., & Fikri, M. Z. (2019). Kohesivitas dan Social Loafing dalam Pembelajaran Kelompok pada Siswa SMAN 1 Indralaya. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(2), 220-231.

Rogelberg, Steven G. (2007). Encyclopedia of Industrial and Organizational Psychology. London: SAGE Publication.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88-99.

Sapitri, E. (2022). Perbedaan Social Loafing (Pemalasan Sosial) Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Pondok Pesantren Babun Najah Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Saputro, R. J. (2018). Penerapan Konseling Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Social Loafing Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cerme Gresik. Jurnal BK UNESA, 8(2), 248–255.

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Yenni, W. S. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Altruisme Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan TA 2021/2022. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yulianti, F., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Perilaku Altruistik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(3), 24-35.

Zhu, M., & Wang, H. (2018). A Literature Review of Social Loafing and Teams with Group Development. SSRN 3176383.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0995cic
10.24036/0995cic

Article Metrics

Abstract View : 7 times
PDF : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadya Nurul Araya, Daharnis Daharnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.