Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik yang Membolos Di SMP
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang membolos di SMPN 8 Solok Selatan. Salah satu faktor yang menyebabkan peserta didik membolos adalah kurangnya motivasi belajar pada diri peserta didik. Layanan yang diberikan dalam penelitian ini yaitu dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran motivasi belajar peserta didik yang membolos sebelum dan sesudah serta untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design (one group pretest-posttest design). Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pada peserta didik serta layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang membolos. Hal ini diperkuat dari hasil uji t dimana taraf signifikansinya pada kelompok eksperimen lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang membolos.
References
Anisa & Ernawati. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek. 6 (2),5.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kaffah Learning Center.
Fauziah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inquiri. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jawa Tengah: UMS.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kearney, C. A. (2001). An Interdisciplinary Model of School Absenteeism In Youth to Inform Professional Practice and Public Policy. Jurnal Educational Psychology Review. 20 (3). 47.
Mutammimah, E. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelasa X MAN 1 Kudus. Journal Of Guidance and Counseling. 2 (1). 80-94.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Putra, F. (2022). Faktor-faktor Penghambat Proses Pembelajaran Seni Budadya di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Padang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Padang. Universitas Negeri Padang.
Putri, S. R., Syahniar,, & Alizamar. (2016). Kontribusi Tingkat Penerimaan oleh Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Nusatama Padang Serta Implikasinya dalam Program Bimbingan dan Konseling. Jurnal Mediasi. 2(5).17-18.
Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok Yang Berhasil: Dasar dan Profil. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purnomo dan Adi, D. 2018. Bimbingan Kelompok Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran SMK 1 Demak. Tesis. Tidak diterbitkan. Jawa Tengah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Safitri, N., Neviyarni, S., & Irianto, A. (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Konselor. 3 (4). 2-14.
Surya, M. (2001). Bina Keluarga. Bandung: Aneka Ilmu.
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: 10.24036/0998cic
Article Metrics
Abstract View : 3 timesPDF : 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Gustina Pelita Rati, Indah Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.