Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kegiatan belajar siswa

Rani Nofiazein(1), Daharnis Daharnis(2*), Herman Nirwana(3), Taufik Taufik(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar siswa yang berada pada kategori sedang. Diduga salah satu faktor penyebabnya yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya siswa, 2) mendeskripsikan kegiatan belajar siswa, dan 3) menguji seberapa besar hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X dan kelas XI siswa SMA Negeri 1 Sitiung sebanyak 636 siswa, sampel penelitian sebanyak 267 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dukungan sosial teman sebaya dan instrumen kegiatan belajar dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori baik, tingkat kegiatan belajar siswa berada pada kategori baik, dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kegiatan belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,748 dan signifikansi 0,000. Implikasi terhadap bimbingan dan konseling (BK) yaitu dengan memberikan layanan konseling individual, layanan konseling kelompok, dan layanan penguasaan konten.

References

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alizamar. (2012). Model Pendekatan Kelompok dalam Pengembangan Kegiatan Belajar Mahasiswa. Disertasi. Tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring The Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.

Ardi, Z., Ibrahim, Y., & Said, A. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 1(2).

Daharnis, D. (2005). Hubungan Sejumlah Karakteristik Mahasiswa, Kondisi Lingkungan, Pembelajaran, Kegiatan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya Alternatif Kreatif Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Febriyanti, W., & Margiyati, K. Y. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Realia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3).

Hadi, S. (2008). Pendidikan Suatu Pengantar. Surakarta: LPP Uns Dan Uns Press.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Kusumawati, N., & Maruti, E.S. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Magetan: Media Grafika.

Nasution, N.C. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174.

Nirwana, H. (2003). Hubungan Tingkat Aspirasi dan Persepsi tentang Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMU yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak. Disertasi. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Oktaviani, D.O.D., & Perianto, E. (2022). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 127-134.

Prayitno. (1997). Keterampilan Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Santosa, S. (1993). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J.W. (2007). Remaja. Terjemahan: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Sumiati, D. (2013). Studi tentang Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T.N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto: IRDH.

Wahyuni, N.S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal Diversita. 2(2), 1-11.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01120cons
10.24036/01120cons

Article Metrics

Abstract View : 40 times
PDF : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.