Analisis Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Jung Pada Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home

Mufidatul Faizah(1*), Afdal Afdal(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Salah satu ahli yang menjelaskan tentang kepribadian adalah Carl Gustav Jung. Ia membagi kepribadian menjadi kepribadian introvert dan ekstrovert. Beberapa faktor dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian salah satunya adalah kondisi keluarga. Bentuk kondisi keluarga yang ada salah satunya adalah keluarga broken home karena cerai hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepribadian siswa yang berasal dari keluarga broken home. Subjek penelitian pada penelitian ini 3 orang sebagai subjek utama dan 4 orang sebagai informan tambahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kaulitatif deskriptif, instrument yang digunakan adalah panduan wawancara yang di dalamnya berisikan aspek-aspek keperibadian. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepribadian menurut Carl Gustav Jung pada siswa yang berasal dari keluarga broken home. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui wawancara dan pengamatan diketahui bahwa dari aspek-aspek kepribadian yang ada, subjek yang merupakan siswa yang berasal dari keluarga broken home menunjukan ciri ciri tipe kepribadian introvert. Aspek-aspek yang dominan menjunjukan ciri tipe kepribadian introvert pada subjek yang berasal dari keluarga broken home antara lain dilihat dari aspek aktivitas, mengambil resiko, kesukaan bergaul, pernyataan perasaan dan penuturan dorongan hati.


References

Adristi, S. P. 2021. “Peran Orang Tua Pada Anak dari Latar Belakang Keluarga Broken Home”. Lifelong Educational Journal. Vol (2).

Afdal, Yunasril, R. Lestari, S. M. Nusa, S. A. Ramadhani, A. Syapitri, D. 2021. “Dampak Perceraian Terhadap Meaning of Life Remaja”. JKKP. Vol 8 (2).

Aini, H & Afdal. 2020. “Analisis kesiapan Psikologis Pasangan dalam Menghadapi Pernikahan”. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. Vol 4 (2)

Alwisol. 2019. Psikologi Kepribadian (edisi revisi). Malang : UMM Press.

April, I. Z. Zola, N. Afdal, Nurfarhanah, Ardi. L. A. Adlya, S, I. 2024. “Analisis Pemilihan Karir Remaja dari Keluarga Broken Home: studi literatur”. SCOULID. Vol 9 (1).

Ardilla & Cholid, N. 2021. “Pengaruh Broken Home Terhadap Anak”. Studia. Vol 6 (1).

Awalia, F. A. Purbasari, I & Oktaviani, I. 2022. “Dampak Keluarga Tak Utuh Pada Perkembangan Psikologis Anak”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 11 (3).

Fikri, M. Nevriyarni & Syukur, Y. 2021. “Hakekat Keluarga dan Dasar Pembentukkan Keluarga”. Jambura Guidance and Counseling Journal. Vol 2 (1).

Harahap, W. D. Nirwana, H & Sukma, D. 2024. “Education in The Family According to Ki Hajar Dewantara”. Mahir: jurnal ilmu Pendidikan dan pembelajaran. Vol 3 (2).

Hasanah, S. Sahara, E, Sari, I. P. Wulandari, S & Pardumoan, K. 2016. “Broken Home Pada Remaja Dan Peran Konselor”. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol 2 (2).

Purwanto, N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, J. E. Nevriyani, Marjohan, Ifdil & Afdal. 2022. “Konsep Self Esteem Pada Wanita Dewasa Awal yang Mengalami Perceraian”. Jurnal Educatio (Jurnal Pendidikan Indonesia). Vol 8 (1).

Rahmi, S. Mudjiran & Nurfarhanah. 2014. “Masalah-masalah Yang Dihadapi Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling”. Konselor. Vol 3 (1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulwiyah, W. Z & Djuhan, M. W. 2021. “Kepribadian Ekstovert dan Introvert Pada Siwa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponogoro Pada Proses Pembelajaran Dalam Prespektif Psikolgi Sosial.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Vol 1(1).

Vibiola, F & Afdal. 2022. “Analisis Pemahaman Fungsi Keluarga pada Korban Kekerasan dalam rumah Tangga (KDRT) Ditinjuau dari Status Sosial Ekonomi dan Latar Belakang Budaya”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 (4)

Widiyana, M & Sukma, D. 2023. “Perilaku Sosial Negatif Keluarga Broken Home”. Counseling & Humanities Review. Vol 3 (1).

Wilis, S. S. 2011. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S & Nurihsan, A.J. 2012. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zola, N. Ifdil, Febriani, R. D. Handayani, P. G. Hanan, A & Putri, S. Z. 2023. “Memahami Makna Hidup dari Siswa Keluarga Broken Home: wawasan gender, urutan kelahiran, dan penggunaan internet”. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol 11 (2).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01150cons
10.24036/01150cons

Article Metrics

Abstract View : 41 times
PDF : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.