The Tendency of Cyberbullying Behavior in Terms of Gender of Students
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
AASA (American Assosiation of school Administrator). (2009). Bullying at School and Online. California: Education.com Holding, inc.
Afdal, A., Alizamar, A., Ifdil, I., Ardi, Z., Sukmawati, I., Zikra, Z., ... & Hariyani, H. (2019, April). An Analysis of Phubbing Behaviour: Preliminary research from counseling perspective. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018). Atlantis Press.
Amri, K., Syahniar, & Nirwana, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Konselor, 75–81
Arnelis, Marjohan & Syahniar. (2016). Usaha Kaum Mudo Minangkabau dalam Pembaharuan Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor| Jurnal Ilmiah Konseling, 5 (1).
Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dianes, Mona., & Alizamar. (2019). The Tendency of Bullying Behavior in SMP N 12 Padang and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 1(4).
Fitria, Daharnis, & Sukma, D. (2013). Persepsi Siswa Tentang Perilaku Seksual Remaja dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 202-207.
Hadi, M. F. Z., Yusuf, A. M, & Syahniar, S. (2013). Pemahaman Konselor Sekolah tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan. Konselor, 2(1).
Hasanah, Sabilla., & Sano, Afrizal. (2020). Peer Conformity and Students Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2).
Hidayat, Hafiz., Rosra M, & Utamaningsih, D. (2015). Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Konselor, 4(4).
Hinduja,S & Patchin, J. (2008). Cyberbullying : an exploratory andysis of factors related to offending and victimization. Deviant behavior, 29 (2), 1-29.
Ifdil, Putri, Y. E., Fadli, R. P., Erwinda, L., Suranata, K., Ardi, Z., Rangka, I. B. (2018). Measuring Internet Addiction: Comparative Studies Based on Gender Using Bayesian Analysis. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf, 1–8. Padang.
Juliana, J., Ibrahim, I., & Sano, A. (2014). , J., Ibrahim, I., & Sano, A. Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1–7.
Karneli, Yeni., Firman, & N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Jurnaltif dalam Pendidikan, 182.
Natalia, N, Firman & Daharnis. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Sikap Siswa terhadap Kedisiplinan Sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3 (2), 40-4
Nurfarhanah, Afdal, , Andriani ,W. Syahniar, Mudjiran, Daharnis, Alizamar, Zikra, Z. (2019). Analysis of the Causes of Cyberbullying: Preliminary Studies on Guidance and Counseling Media. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 372. International Conference on Education Technology (ICoET 2019).
Pandie, Mira M & Weisman, Ivan. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying pada siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Journal Jaffray, 14(1). 43-62.doi: 10.252781.188.
Prayitno. (2004). Layanan L1-L9. BK FIP UNP.
Rahayu, Indah, Kartika Sari., Zikra, & Y. (2013). Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(2).
Rizki, Bestari. (2015). Pengaruh Kontrol Diri, Iklim Sekolah, dan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Syarif Hidayatullah (skripsi online).
Saragi, D, Iswari, M & Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor| Jurnal Ilmiah Konseling, 5 (1)
Satalina, D. (2014). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2(2), 294-310.
Smith , Peter K. et al. (2006). An investigation into cyberbullying, its forms, awareness, and impact, and the relationship between age and gender in cyberbullying (online). Diakses 4 september 2020.
Sriwahyuningsih, Vera, A. Muri Yusuf, & Daharnis. (2016). Hubungan Prasangka dan Frustasi dengan Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2 (2), 38-51.
Sudjana, N. & I. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syahniar, Maysitoh, Ifdil, Ardi, Z., Yendi, F. M., Rangka, I. B., Churnia, E. (2018). Social Media Fear of Missing Out: Psychometrics Evaluation Based on Indonesian Evidence. Journal of Physics: Conference Series, 1114, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012095
Triyono & Rimadani. (2018). Dampak cyberbullying di Media Sosial pada Remaja dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling (studi kasus pada klien x di padang utara kota padang). Jurnal neo konseling, 1 (1) 2019, doi: 10.24036/0096 kons 2019.
Wahyu, S, Taufik & Ilyas. (2012). Konsep Diri dan Masalah yang Dialami Orang Terinfeksi HIV/AIDS. Konselor| Jurnal Ilmiah Konseling, 1 (1), 1-12.
Willard, Nancy. (2007). Students needs assessment survey (online). Diakses pada 4 september 2020 http://preventcyberbullyies.weeldy.com/uploads/1/06/7/10674596/studsurvey.pdf.
Yonita, E, N & Karneli (2019). The Effectiviness of the Cognitiv Behavior Modivication Approach with Group Settings to Reduce Bullying Behavior. Jurnal Neo Konselig. 1(1).
Yunika, R., Alizamar, A., & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang, Konselor, 2(3).
Yusuf, A Muri. (2005). Metodologi penelitian. Padang: UNP Press.
DOI: 10.24036/0406cons
Article Metrics
Abstract View : 420 timesPDF : 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.