The relationship between parental support and learning independence
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Arora, W., Erlamsyah. & Syahniar. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1).
Aziz, A., & Basry. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1 (1).
Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elmirawati, Daharnis & Syahniar. (2013). Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor. 2(1), 107-113
Fajaria, D., Marjohan & Sukmawati, I. (2013). Kemandirian Perilaku Peserta Didik dalam Pemilihan Jurusan dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (2).
Kyoto A.P., Firman & Syahniar. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang
Mawaddah & Khairani. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Self Efficacy Akademik Siswa. Jurnal Neo Konseling. Padang: Univeristas Negeri Padang.
Miftaqul, A. F. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI. Jurnal at-Tanbawi, 1 (2).
Mudjiman. (2006). Belajar Mandiri. yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nandiya, V., Neviyarni., & Khairani. (2013). Persepsi Siswa tentang Tindakan Tegas Mendidik yang Diberikan Guru Bimbingan dan Konseling Kepada Siswa yang Melanggar Peraturan Sekolah di SMP Negeri 24 Padang. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1).
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS. Padang: BK FIP UNP.
Rahman, M. F., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Economic Education Analysis Journal, (ISSN 2252-6544).
Santrock, J. W. (2003). Dukungan Orang tua. Jurnal Repository Usu, 4 (21).
Sari, V.N., Mudjiran., & Yusri. (2014). Permasalahan yang Dihadapi oleh Anak Panti Asuhan di Kota Padang dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2 (1), 43–48.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobri, M., & Moediyanto. (2012). Pengaruh Disiplin dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal, 1 (1).
Suhendri, H., & Mardalena, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif., 3(2), 105–114.
Suyatmini & Madyanata. (2015). Faktor Stratejik Kemandirian Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Psikologi, ISSN: 1907-4034.
Tarmidi & Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37 (2).
Tasaik, H. L., & Tuasikal. (2018). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik. Jurnal, 14 (1).
Welda W., Zikra & Yusri. (2016). “ Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Yanti & Netrawati. (2019). Relationship of Emotional Intelligence with Learning Outcome of Students in SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Neo Konsseling, 1 (1).
Yusuf, G. G. (2017). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 4 (1).
Zarniati., Alizamar, & Zikra. (2014). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kegiatan Peserta Didik. Jurnal Konselor. 3 (1) ISSN: 1412-9760.
Zola, N., Ilyas, A., & Yusri. (2017). Karakteristik Anak Bungsu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5 (3).
DOI: 10.24036/0418cons
Article Metrics
Abstract View : 152 timesPDF : 104 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.