Konformitas Teman Sebaya pada Siswa yang Membolos dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Adhilla Melynia(1*), Zikra Zikra(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Membolos adalah siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan, salah satu yang penyebabnya adalah pengaruh teman sebaya atau konformitas teman sebaya. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konformitas teman sebaya pada siswa yang membolos sekolah dilihat dari aspek pengaruh informasi dan normatif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 41 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen konformitas teman sebaya dengan model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konformitas teman sebaya pada siswa yang membolos dilihat dari aspek pengaruh informasi berada pada kategori sesuai dengan persentase 54%. 2) Konformitas teman sebaya pada siswa yang membolos dilihat dari aspek pengaruh normatif berada pada kategori sesuai dengan persentase sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling berupa layanan informasi, layanan konseling perorangan dan layanan bimbingan kelompok.


Keywords

Membolos, Konformitas Teman Sebaya

References

Amalianita, B., & Firman, F. (2019). The Effectiveness of Group Guidance in Increasing the Students Assertiveness on Prevent Drug Abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24036/4.13274

Aziz, R. (2020). Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Melalui Konseling Individual Dengan Menggunakan Pendekatan Behavioral. Lentera Negeri, 1(2). https://doi.org/10.29210/99750

Fahmi, S., & Sukma, D. (2021). The Relationship of Peer Conformity with Student Discipline in School. Jurnal Neo Konseling, 3(3).

Fiara, A., Nurhasanah, & Bustamam, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin pada Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Fitri, A., & Firman. (2020). The Relationship of Self-Concept and Resilience of Prosperous Private Students in SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok …. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Fitria, F., & Zikra, Z. (2021). Self Adjustment of High School Students with Peers and Its Impl

ications in Guidance and Counseling Service. Jurnal Neo Konseling, 3(1).

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.29210/116000

Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Peer Conformity and Students Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Haser, R., & Karneli, Y. (2020). Differences in Student Aggressive Behavior Judging from Peer Conformity and Its Implications in Counseling Guidance Services. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Husna, U., & Karneli, Y. (2021). Upaya Guru BK dalam Mengatasi Masalah Kenakalan Remaja Dengan Teknik Expressive Theraphy. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian …, 2(4).

Idris, E. B., & Syukur, Y. (2021). Truancy Behavior Student in terms of Factors Causing and Teacher's Efforts to Overcome Them. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 90-96.

Ikko Bana, B., Hartati, N., & Tria Ningsih, Y. (2018). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja. Jurnal RAP UNP, 9(1).

Ilmi, M., & Yusri, Y. (2020). Factors Causing Students To Play Truant And Teacher’s Efforts To Overcome Them. Jurnal Neo Konseling.

Karneli, Y., Neviyarni, N., Firman, F., & Yulidar, Y. (2020). Pengembangan Modul Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 6(1). https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Melchioriyusni, M., Zikra, Z., & Said, A. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.29210/11700

Mulyadi, A. R., Zikra, Z., & Sano, A. (2017). “Kesiapan Siswa dalam Mengikuti Ujian dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif di SMP N 16 Padang)”. ICES, 223-228.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial, Jilid 2, Terjemahan: Aliya Tusyani, Lala Septiani Sembiring, Petty Gina Gayatri, Putri Nurdina Sofyan. Jakarta: Salemba Humanika.

Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.29240/jbk.v2i1.463

Nova, L. M., Firman, F. & Sukmawati, I. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 1-10.

Panzola, N. F., & Taufik, T. (2022). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di Era New Normal. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 6(2), 46-51.

Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211268-0-00.

Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, R. E., Pradana, O., & Adri, Z. (2022). Pengaruh Konformitas Remaja terhadap Perilaku Pembatalan Puasa saat Ramadhan. Borobudur Psychology Review, 2(2), 20-29.

Putri, M. S., Daharnis, D., & Zikra, Z. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1). https://doi.org/10.24036/02017616441-0-00

Putri, V. N., Ifdil, Yusri & Yendi, F. M. (2020). “Profil Kebermaknaan Hidup Siswa yang Membolos”. JAIPTEKIN: Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2). 126-135.

Reinita, Y. (2021). Kontribusi Konformitas Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Membolos Siswa serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Tesis. Tidak Diterbitkan. Padang: UNP.

Sadida, A., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2018). The Correlation of Peer Conformity and Parents Support with Juvenile Delinquency. https://doi.org/10.29210/20181105

Safitri, N., Neviyarni, & Irianto, A. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Konselor, 3(4).

Santrock, J. W. (2007). Remaja, Edisi 11, Jilid 2, Terjemahan Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2). https://doi.org/10.29210/02018190

Seprinaldi, N. (2022). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Membolos Siswa di SMPN 10 Muaro Jambi. Tesis. Diterbitkan. Jambi: Universitas Jambi.

Suhendra, M., S, N., & Ahmad, R. (2016). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Regulasi Diri Siswa Membolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(2). https://doi.org/10.24036/02016526550-0-00

Syukur, Y., Neviyarni & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Taylor, S. E., Peplau, L. A. & Sears, D. O. (2015). Psikologi Sosial, Edisi Kedua Belas, Terjemahan Tri Wibowo B. S. Jakarta: Kencana.

Yendi, F. M., Syukur, Y., & Rafsyam, Y. (2015). Self-Esteem Dan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling yang Dibutuhkan Siswa Kelas Akselerasi. Konselor, 4(4). https://doi.org/10.24036/02015446471-0-00




DOI: 10.24036/0713cons
10.24036/0713cons

Article Metrics

Abstract View : 283 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.