Gambaran Kemampuan Siswa dalam Pemilihan Karir

Ulvy Witri Humairah(1*), Frischa Meivilona Yendi(2),

(1) Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
(2) Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana gambaran kemampuan siswa dalam pemilihan karir (2) mengetahui bagaimana gambaran kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan aspek konsep diri (3) mengetahui bagaiamana gambaran kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan aspek minat (4) mengetahi bagaiamana gambaran kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan aspek eksplorasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 841 siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan dan jumlah sampel sebanyak 272 siswa yang dipilih dengan teknik propotional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan mode skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam pemilihan karir secara keseluruhan berada pada kategori sedang (2) kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan aspek konsep diri berada pada kategori tinggi (3) kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan aspek minat berada pada kategori tinggi (4) kemampuan siswa dalam pemilihan karir berdasarkan eksplorasi berada pada kategori sedang. Maka disimpulkan bahwa gambaran kemampuan siswa dalam pemilihan karir secara keseluruhan berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih ragu-ragu dalam menentukan karir. Salah satu aspek yang perlu di perhatikan kembali adalah aspek eksplorasi, dimana siswa belum sepenuhnya mampu untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dalam menentukan pilihan karir yang akan mereka pilih. Implikasil dalaml layananl bimbinganl danl konselingl dapatl dilakukanl denganl memberikanl layananl informasil danl layananl bimbinganl kelompokl sehinggal dapatl membangunl konsepl diri siswa dan memberikan informasi terkait karir bagi siswa. 

References

Alfitrah,l R.l S.,l &l Taufik,l T.l (2021).l Thel Correlationl betweenl Self-Confidencel withl Careerl Planningl atl Santril Pesantrenl Nurull Yaqinl Ambungl Kapurl Padangl Pariaman.l Jurnall Neol Konseling,l 3(2),l 68–74.l https://doi.org/10.24036/00422kons2021

Ardi,l Z.,l Yendi,l F.l M.,l &l Ifdil,l I.l (2013).l Konselingl Online:l Sebuahl Pendekatanl Teknologil Dalaml Pelayananl Konseling.l Jurnall Konselingl Danl Pendidikan,l 1(1),l 1–5.l https://doi.org/10.29210/1100

Fadli,l R.l P.,l Alizamar,l A.,l &l Afdal,l A.l (2017).l Persepsil Siswal tentangl Kesesuaianl Perencanaanl Arahl Karirl Berdasarkanl Pilihanl Keahlianl Siswal Sekolahl Menengahl Kejuruan.l Konselor,l 6(2),l 74.l https://doi.org/10.24036/02017627578-0-00

Falentini,l F.l Y.,l Taufik,l T.,l &l Mudjiran,l M.l (2013).l Usahal Yangl Dilakukanl Siswal Dalaml Menentukanl Arahl Pilihanl Karirl Danl Hambatan-Hambatanl Yangl Ditemui.l Konselor,l 2(1),l 310–316.l https://doi.org/10.24036/02013211266-0-00

Juliansyah,l E.l (2017).l Strategil Pengembanganl Sumberl Dayal Perusahaanl Dalaml Meningkatkanl Kinerjal PDAMl Kabupatenl Sukabumi.l Jurnall Ekonomak,l 3l (2),l 19-37

Khofifah,l A.,l Sano,l A.,l &l Syukur,l Y.l (2013).l KONSELORl |l Jurnall Ilmiahl Konseling.l Peranl Gurul Bimbinganl Danl Konselingl Sertal Peranl Gurul Matal Pelajaranl Dalaml Mengatasil Kesulitanl Belajarl Siswal Dil Sekolahl Menengahl Atasl (Sma)l Negeri,l 2(2),l 120–124.

Latifa,l A.,l Firman,l F.,l &l Ahmad,l R.l (2021).l Pembentukanl kematanganl karirl pemudal minangkabaul melaluil budayal baliakl kal surau.l SCHOULID:l Indonesianl Journall ofl Schooll Counseling,l 6(1),l 40.l https://doi.org/10.23916/08748011

Mulyatno,l S,l Firman,l S,l Netrawati,l E.l l (2022).l Jurnall Pendidikanl danl Konselingl ?l ?l ?l ?l ?l ?l ?l ?l ?l ?l ??l ? ? ?l ?l ?l ?l ? ?l ?l ?l ?l ?l ? ?l ? ??l ? ?l ?l ?l ?l ?l ?l ?.l Jurnall Pendidikanl Danl Konseling,l 4(20),l 1349–1358.

Nasution,l L.l A.,l Yusuf,l A.l M.,l &l Afdal,l A.l (2021).l Pendekatanl Theoryl Superl Lifel Span.l SCHOULID:l Indonesianl Journall ofl Schooll …,l 6(2),l 88–94.

Nisya,l W,l Firman,l S,l Netrawati,l E.l (2022).l Studentl Careerl Planningl Throughl Groupl Guidancel Services,l 363–371.

Pratiwi,l I.l D.,l &l Netrawati.l (2021).l Thel Relationshipl Betweenl Self-Conceptl andl Directionl ofl Studentl Careerl Maturityl atl SMKl Negeril 6l Padang.l Jurnall Neol Konseling,l 3(1),l 111–118.l https://doi.org/10.24036/00365kons2021

Ristal Yonanda,l N.,l Iswari,l M.,l &l Daharnis,l D.l (2022).l Pentingnyal Minatl Danl Bakatl Dalaml Memilihl Programl Studil Yangl Prospektifl Dil Industril Melaluil Bimbinganl Danl Konselingl Karirl Dil Sekolahl Menengahl Kejuruanl thel Importancel ofl Interestl andl Talentl inl Choosingl al Prospectivel Studyl Programl inl Industryl Throughl Careerl Guidancel andl Counselingl inl Vocationall Secondaryl School.l Multidisciplinaryl Journall ofl Counselingl andl Sociall Research,l 1(1),l 2962–8350.

Sari,l A.l K.,l Yusuf,l A.,l Megaiswari,l &l Afdhal.l (2021).l Analisisl Teoril krumbotz.l Jurnall Ilmiahl Bimbinganl Konselingl Undikhsa,l 12(1),l 116–121.l https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Sari,l I.l P.,l &l Yendi,l F.l M.l (2018).l Peranl Konselorl dalaml Meningkatkanl Kepercayaanl Diril Siswal Disabilitasl Fisik.l SCHOULID:l Indonesianl Journall ofl Schooll Counseling,l 3(3),l 80.l https://doi.org/10.23916/08408011

Sari,l W.l P.,l Taufik,l &l Sumawati,l I.l (2016).l Hubunganl konsepl diril akademikl denganl motivasil berprestasi.l Jurnall Educatio,l 2(1),l 35–42.

Sugiyono,l S.l (2016).l Metodel Penelitianl Kuantitatifl Kualitatifl danl Rl &l B.l Bandung:l Alfabeta

Syafitri,l R.,l Yusuf,l A.l M.,l &l Afdal.l (2021).l Layananl Bimbinganl Klasikall dalaml Meningkatkanl Perencanaanl Pemilihanl Karirl Santril Kelasl Akhirl dil Pondokl Pesantrenl Ar-Raudlatull Hasanahl Medan.l JPT :l Jurnall Pendidikanl Tematik,l 2(2),l 210–215.l Retrievedl froml https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/284

Zahri,l T.l N.,l Yarmisl Syukur,l &l Isnal Tania.l (2020).l Tantanganl Pesertal Didikl SMKl dalaml Memasukil Perguruanl Tinggil danl Peranl Pelayananl Konseling.l ENLIGHTENl (Jurnall Bimbinganl Danl Konselingl Islam),l 3(2),l 87–95.l https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1899

Zola,l N.,l Yusuf,l A.l M.,l &l Firman,l F.l (2022).l Konsepl sociall cognitivel careerl theory.l JRTIl (Jurnall Risetl Tindakanl Indonesia),l 7(1),l 24.l https://doi.org/10.29210/30031454000




DOI: 10.24036/0738cons
10.24036/0738cons

Article Metrics

Abstract View : 73 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.