Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Prokrastinasi Akademik serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Pertiwi 1 Padang

Cherly Afriyani Putri(1*), Mudjiran Mudjiran(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan bentuk penundaan terhadap tugas akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah efikasi diri akademik yaitu keyakinan akan kemampuan diri bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri akademik, prokrastinasi akademik dan menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik siswa di SMA Pertiwi 1 Padang.  Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 729 siswa. Sampel dalam penelitian 263 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efikasi diri akademik berada pada kategori tinggi dengan persentase 37%, prokrastinasi akademik berada pada kategori rendah dengan persentase 33%, dan terdapat hubungan yang negatif signifikan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi -0,258 dan nilai signifikan 0,000 dengan tingkat hubungan lemah. Implikasi dalam bimbingan konseling yaitu layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan bimbingan kelompok.

 


Keywords

efikasi diri akademik, prokrastinasi akademik

References

Amalianita, B., & Firman, F. (2019). The Effectiveness of Group Guidance in Increasing the Students Assertiveness on Prevent Drug Abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24036/4.13274

Bandura, A. 2010. Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cabridge University Press.

Ferrari, J. R. 2009. Procrastination and Task Avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Fitri, A., & Firman. (2020). The Relationship of Self-Concept and Resilience of Prosperous Private Students in SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok …. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Fitria, F., & Zikra, Z. (2021). Self Adjustment of High School Students with Peers and Its Implications in Guidance and Counseling Service. Jurnal Neo Konseling, 3(1).

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.29210/116000

Karneli, Y., Neviyarni, N., Firman, F., & Yulidar, Y. (2020). Pengembangan Modul Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 6(1). https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. 2016. Hubungan antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 1(2). (60-67).

Mukti, B & Tentama, F. 2019. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Mulyadi, A. R., Zikra, Z., & Sano, A. (2017). “Kesiapan Siswa dalam Mengikuti Ujian dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif di SMP N 16 Padang)”. ICES, 223-228.

Nafeesa. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 4(1), 53–67

Nitami, M, Daharnis & Yusri. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor. 4(1).

Nova, L. M., Firman, F. & Sukmawati, I. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa.

Nurfadhilla, N. 2020. Upaya meningkatkan Efikasi Diri melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 3(1).

Pramudiastuti, N. K., & Firman, F. 2016. Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prinsip Konstruktivisme untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–10

Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211268-0-00

Prayitno & Amti, E. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putrisari, F., Hambali, I. M., & Handarini, D. M. 2017. Hubungan self-efficacy, self-esteem dan perilaku prokrastinasi siswa Madrasah Aliyah Negeri di Malang Raya. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(1).

Safitri, N., Neviyarni, & Irianto, A. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Konselor, 3(4).

Syukur, Y., Neviyarni & Zahri, T. N. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Wahyuni, S. F & Dahlia. 2020. Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Prestasi Akademik pada Siswa SMA di Banda Aceh. Jurnal Psikologi Unsyiah. 3(2).

Yendi, F. M., Syukur, Y., & Rafsyam, Y. (2015). Self-Esteem Dan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling yang Dibutuhkan Siswa Kelas Akselerasi. Konselor, 4(4). https://doi.org/10.24036/02015446471-0-00




DOI: 10.24036/0743cons
10.24036/0743cons

Article Metrics

Abstract View : 128 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.