Flow Akademik Remaja

Christin Mai Astuti(1), Frischa Meivilona Yendi(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Remaja berhak untuk belajar. Remaja sebagai siswa membutuhkan suatu kondisi yang di sebut dengan flow akademik dalam proses belajar. Banyak siswa yang belum mampu mencapai kondisi flow akademik, hal ini dapat dilihat ketika siswa tidak fokus saat belajar. Flow akademik dapat dialami berdasarkan beberapa dimensi, yaitu challenge skill banance, mergin on action and awareness, clear goals, unambiguous feedback, concentration on the task at hand, sense of control, loss of self consciousness, transformation of time dan autotelic experience. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan flow akademik pada siswa. Metode penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 228 orang siswa SMA Don Bosco Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran flow akademik siswa SMA secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan persentase 28,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan flow akademik siswa yaitu layanan konseling individual, layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok.


Keywords

Flow Akademik, Remaja.

References

Abdi, S., & Karneli, Y. 2020. Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance.

Aini, N. Q., Illfiandra, & Saripah, I. 2019. Aspek-Aspek Flow Akademik. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 43–51.

Arif, K. 2013. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Flow Akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–12.

Bakker, A. B. 2005. Flow Among Music Teachers and Their Students: The Crossover of Peak Experiences. Journal of Vocational Behavior, 66(1), 26–44.

Csikszentmihalyi, M. 1990. Flow: The Psychology of Optimal Experience, 1st Edition. New York: Herper Perennial Modern Classic.

Diola, S., & Mudjiran. 2019. Kontribusi Self Efficacy Terhadap Flow Akademik Pada Mahasiswa Bidikmisi FIP UNP. Jurnal Riset Psikologi, 000, 1–11.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling , 2 (2), 84-92.

Gatari, A. 2020. Hubungan Stres Akademik dengan Flow Akademik pada Mahasiswa. Cognicia.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Johana, Prawitasari. 2012. Psikologi Terapan. Yogyakarta: Erlangga.

Juliana, I. Ibrahim. & Afrizal. S. 2014. Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas onsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1–7.

Melka, F. D., Ahmad, R., Syukur, Y., Sukmawati, I., & Gusri, P. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling, 00, 1–7.

Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. 2018. Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79.

Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor.

Prayitno, E. A., & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, P., Wibowo, M. E., Marjohan, M., Mugiharso, H., & Ifdil, I. (2015). Pembelajaran melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan: Pengembangan Manusia Seutuhnya. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sano, Afrizal. (1989). Layanan Kelompok dalam Bimbingan dan Konseling. Padang: IKIP Padang.

Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling.

Vorwerk, Z. 2009. Optimal Academic Experience: Exploring The Relationship between Motivation and Flow. Journal of Psychology, 1-31.

Wati, Satria dan Firman. 2019. Hubungan Self Regulated Learning dengan Flow Akademik Siswa. Jurnal Neo Konseling, 00 (November), 20.

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. 2013. Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109.

Yuwanto, L. 2011. The Flow Inventory For Student: Validation of LIS. Aniama, Indonesian Psychological Journal. 26 (4), 281-286.




DOI: 10.24036/0760cons
10.24036/0760cons

Article Metrics

Abstract View : 212 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.